SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Partisipasi Orangtua Dalam Program Membaca Permulaan Bagi Anak Usia Dinidi KB-RA Al-Ikhlas Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Asti Asmo Giarty

Abstrak


ABSTRAK

 

Giarty,Asti Asmo. 2017. Partisipasi Orangtua Dalam Program Membaca Permulaan Bagi Anak Usia Dinidi KB-RA Al-Ikhlas Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd., (II) Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci : PartisipasiOrangtua, Program MembacaPermulaan

Partisipasi adalah pelibatan seseorang atau beberapa orang dalam suatu kegiatan. Pendidikan anak usia dini, memerlukan patisipasi atau keterlibatan orangtua dalam menentukan kualitas pendidikan anak. Membaca permulaan merupakan seluruh aktivitas yang dilakukan oleh anak untuk membunyikan huruf. Penelitian ini dilakukan di KB-RA Al-Ikhlas yang merupakan lembaga dengan konsep sekolah alam,dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat partisipasi orangtua dalam program membaca permulaan di KB-RA Al-Ikhlas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Prosedur analisis penelitian dilakukan dengan langkah pemeriksaan, pemberian tanda kode,tabulasi dan analisis statistic dengan menggunakan rumus persentase.Sampel pada penelitian ini yakni adalah keselurahan dari populasi.

Hasil penelitian ini adalah partisipasi orangtua dalam program membaca permulaan dari aspek partisipasi dalam bentuk ide berupa memberikan saran dalam menentukan media belajar, aspek partisipasi dalam bentuk tenaga berupa membuat media pembelajaran, aspek partisipasi dalam bentuk uang berupa menyumbangkan atau membelikan bahan untuk membuat media pembelajaran dan aspek partisipasi pada saat pelaksanaan program berupa orangtua terlibat pada kegiatan dengan menyiapkan peralatan belajar anak. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari  empat aspek tersebut, maka partisipasi orangtua dalam program membaca permulaan bagi anak usia dini di KB-RA Al-Ikhlas termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa partisipasi orangtua dalam program membaca permulaan di KB-RA Al-Ikhlas tinggi.

Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan: (1) kepada lembaga KB-RA Al-Ikhlas untuk meningkatkan dan mempertahankan partisipasi orangtua dalam kegiatan pembelajaran anak di sekolah( 2)untuk jurusan pendidikan luar sekolah sebagai informasi tentang partisipasi orangtua dalam program membaca permulaan di KB-RA Al-Ikhlas(3) orang tua agar mempertahankan dan meningkatkan lagi partisipasi mereka pada pendidikan anak untuk tumbuh kembang anak serta lebih aktif pada pertemuan rutin untuk memberikan pendapat mengenai pembelajaran yang ada dan (4) peneliti lain agar lebih memperluas bahasan maupun temuan dari pada yang ada pada penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian lain yaitu kualitatif.