SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN BUILDING LEARNING COMMITMENT (BLC) DALAM PENINGKATKAN KINERJA BELAJAR PESERTA PELATIHAN DI UPT LATKESMAS MURNAJATI LAWANG

Arini Damar Yati

Abstrak


ABSTRAK

 

Yati, Arini Damar. 2017. Keefektifan Building Learning Commitment (BLC) dalam Peningkatan Kinerja Belajar Peserta Pelatihan di UPT Latkesmas Murnajati Lawang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hardika, M. Pd., (II) Dr. Umi Dayati, M. Pd.

 

Kata Kunci: Keefektifan, BLC, Kinerja Belajar, Pelatihan

 

Keefektifan Building Learning Commitment (BLC) adalah suatu tingkat keberhasilan yang dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran dalam pelatihan yang khususnya berfokus pada pembentukan komitmen belajar peserta pelatihan dalam kelas. Kinerja belajar peserta pelatihan adalah hasil dari kegiatan belajar peserta pelatihan yang berhubungan dengan keaktifan dalam mengikuti pelatihan, motivasi mengikuti pelatihan,hasil belajar serta integritas pesera pelatihan selama mengikuti pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan BLC dalam peningkatan kinerja belajar peserta pelatihan di UPT Latkesmas Murnajati Lawang.

Penelitian in imenggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan keefektifan BLC dalam peningkatan kinerja belajar peserta pelatihan di UPT Latkesmas Murnajati Lawang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta pelatihan Akreditasi Puskesmas angkatan XXXVII dan XXXVIII sebanyak 64 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang berupa persentase,pemusatan data berupa median,modus serta skor aktual dan maksimal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)hasil persentase variabel keefektifan BLC mengenai pencairan suasana, nilai-nilai, kontrol bersama, dan komitmen belajardikategorikan sangat tinggi, sedangkan inventarisasi gaya belajar, pemahaman diri tentang belajar, dan jurnal belajar pribadidikategorikan tinggi, (2) hasil persentase sub variabel dari kinerja belajar yang meliputi keaktifan, motivasi belajar, dan integritas peserta pelatihandikategorikan tinggi, sedangkan hasil belajar dikategorikan sangat tinggi, (3) keefektifan BLC dalam peningkatan kinerja belajar peserta pelatihan menghasilkan persentase total akhir yang dikategorikan tinggi, (4) hasil crosstab variabel penelitian dengan jenis kelamin menghasilkan data jawaban didominasi oleh responden perempuan, crosstab dengan usia responden didominasi oleh jawaban responden usia 25-29, crosstab dengan pendidikan didominasi oleh jawaban responden D3, dan crosstab dengan pekerjaan didominasi oleh jawaban responden non PNS.

Saran untuk UPT Latkesmas Murnajati hendaknya materi BLC tetap dipertahankan karena hasil penelitian menunjukkan bahwa BLC memiliki keefektifan yang tinggi untuk meningkatkan kinerja belajar peserta pelatihan. Untuk WI supaya lebih inovatif dalam memberikan materi BLC supaya tetap efektif dan tidak monoton. Bagi peserta pelatihan, perlunya pemahaman peserta terhadap BLC sebagai suatu kegiatan dalam pelatihan guna mempersipkan diri peserta untuk memulai kegiatan pelatihan. Untuk jurusan PLS perlu menjalin kerjasama dengan Latkesmas Murnajati dalam berbagai aspek tentang pelatihan.