SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Studi pada Siswa Kelas XII APK SMK Cendika Bangsa Malang)

Fitriya Bakti Nugraheni

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugraheni, Fitriya Bakti. 2017. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi (Studi pada Siswa Kelas XII APK SMK Cendika Bangsa Malang). Skripsi, Program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, SP.d., M.M.

 

Kata Kunci: sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

 

Siswa SMK dipersiapkan untuk menjadi tenaga terampil dan siap kerja setelah lulus dari SMK berdasarkan keahlian yang dipelajari. Namun, siswa SMK yang mempunyai minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi juga mempunyai kesempatan yang sama untuk melanjutkan studi ke pergurun tinggi. Tinggi dan rendahnya minat siswa SMK untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di pengaruhi oleh banyak faktor, dua diantaranya adalah sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ada tiga, yaitu untuk mengetahui (1) pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi,  (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (3) pengaruh sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian korelasional.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Cendika Bangsa Malang. Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XII APK SMK Cendika Bangsa Malang. Kelas XII APK billingual berjumlah 17 siswa dan kelas XII APK reguler berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ada dua, kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar, dan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa yang dilihat dari nilai rapor semester 4 dan 5. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 34.8%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 54.8%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 51.9%. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan, (1) bagi peneliti lanjutan: menambah faktor-faktor yang mempengaruhi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebagai variabel bebas dan melakukan perbandingan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi antara satu jurusan dengan jurusan lain, (2) bagi sekolah: pihak sekolah mampu untuk menjadi fasilitator bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar, menumbukan softskill siswa, serta menumbuhkan minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.