SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelaksanaan Program Pengendalian Hama Terpadu (Studi Kasus Program Kelompok Tani Jogoroto di Dusun Jogoroto Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang)

Ahmad Dany Muzaki

Abstrak


ABSTRAK

Muzaki, Ahmad Dany. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelaksanaan Program Pengendalian Hama Terpadu (Studi Kasus Program Kelompok Tani Jogoroto di Dusun Jogoroto Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing

(I) Dr. Ach Rasyad, M.Pd. (II) Sopingi, S.Sos, M.Pd

Kata Kunci: PHT, Kelompok Tani, Pemberdayaan

Pelaksanaan program pengendalian hama terpadu dengan menggunakan pupuk organik yang dilakukan oleh Kelompok Tani Jogoroto membuat berdaya bagi anggota Kelompok Tani Jogoroto serta masyarakat Dusun Jogoroto. Proses pemberdayaan tersebut dirasakan oleh masyarakat sebagai proses belajar sehingga mereka memperoleh pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan baru tentang pembuatan pupuk trico untuk pengendalian hama terpadu. Selain itu program tersebut juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengendalian hama terpadu dengan menggunakan pupuk organik yang tidak merusak lingkungan, meminimalisir pengeluaran, dan membuat tanaman jagung lebih subur.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan Program Pengendalian Hama Terpadu di Kelompok Tani Jogoroto Dusun Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Penyuluh BPP, Ketua Kelompok Tani Jogoroto, dan Anggota Kelompok Tani Jogoroto. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini adalah Kelompok Tani Jogoroto mengikuti tahapan dari mulai proses sosialisasi, musyawarah hingga proses pelaksanaan pembuatan pupuk trico sehingga mereka akhirnya berani mengambil keputusan untuk beralih menggunakan pupuk organik secara mandiri yang sebelumnya menggunakan pupuk kimia. Dalam hal ini masyarakat mampu berdaya karena sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak menggunakan pupuk kimia.

 

Adapun saran bagi BPP, diharapkan agar selalu memotivasi dan mencari sumber belajar yang melibatkan seluruh peran Kelompok Tani dalam upaya meningkatkan kualitas pengetahuan dan ketrampilan baru. Bagi Kelompok Tani, diharapkan selalu aktif dalam setiap program yang dilaksanakan.