SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola Pembelajaran Komunitas Stand Up Comedy (Studi Kasus di Komunitas Stand Up Comedy Indo Blitar)

Ratna dewi yulianingsih

Abstrak


ABSTRAK

Yulianingsih, Ratna Dewi. 2016. Pola Pembelajaran Komunitas Stand Up Comedy (Studi Kasus di Komunitas Stand Up Comedy Indo Blitar). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Lasi Purwito, M.S. (II) Sopingi, S.Sos. M.Pd.

Kata Kunci : pola pembelajaran, Stand Up Comedy, pendidikan non formal

Stand Up Comedy merupakan jenis seni komedi baru di Indonesia. Banyaknya masyarakat yang tertarik dengan jenis komedi ini menyebabkan Stand Up Comedy menjadi pilihan profesi baru bagi sebagian masyarakat. Oleh karena itu munculah komunitas yang dibentuk di kota-kota besar di Indonesia. komunitas inilah yang memberikan wadah bagi masyarakat yang ingin mempelajari Stand Up Comedy. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa terjadi proses pembelajaran pada komunitas Stand Up Comedy. Proses pembelajaran tersebut menjadi bagian dari Pendidikan non formal dimana PNF mempunyai peranan penting dalam pembangunan masyarakat untuk menumbuh kembangkan sikap, wawasan pengetahuan dan skills fungsional masyarakat. Pola pembelajaran komunitas stand up comedy Blitar merupakan gambaran dari proses pembelajaran pendidikan non formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pola pembelajaran Komunitas Stand Up Comedy mulai dari metode pembelajran, bahan ajar, menulis materi Stand UP Comedy, open mic, sampai pada evalauasi.

Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari anggota komunitas Stand Up Comedy sebanyak 6 orang. Data diperoleh dari hasil observasi yaitu mengamati keadaan, tempat serta tingkah laku anggota komunitas, selanjutnya melakukan wawancara dengan teknik wawancara secara tidak langsung yaitu tanpa adanya instrument wawancara dan hanya mengyunakan pedoman wawancara yang mengacu pada tujuan penelitian, kemudian dokumentasi yaitu mengambil foto pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang ada pada komunitas Stand Up Comedy.

Penelitian yang dilakukan menunjukan hasil berupa pelaksanaan pembelajarn yang dimulai dengan a) metode pembelajaran yang digunakan yaitu berupa percakapan langsung serta para mentor akan melakukan open dalam penyampaian materi Stand Up Comedy yang dilakukan dengan menambahkan humor, b) Bahan pembelajaran yang disampaikan adalah materi dan teknik stand up comedy yang didapat dari pengalaman para comika secara pribadi yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap objek tertentu yang dapat dijadikan sebagai bahan materi, c) Alat dan media berupa laptop dan microphone serta buku catatan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan materi dan untuk mencatat taknik-teknik yang diberikan oleh mentor, d) Sumber pembelajaran berasal dari buku, internet serta pengalaman pribadi mentor dan mengati objek secara langsung, dan evaluasi diri, materi, dan penampilan.

Temuan selanjutnya yaitu tahap-tahap penelitian a) Pra open mic dengan mempelajari percaya diri, belajar dari comika professional, belajar teori, observasi, menentukan topic, menulis materi dan persiapan, b) open mic dimulai dengan melakukan delivery/penyampaian, open mic, penguasaan panggung, teknik microphone, teknik microphone, c) Pasca open mic dilakukan dengan evaluasi dari keseluruhan penampilan, yaitu evaluasi diri, materi dan penampilan.

Saran dalam pelaksanaan pembelajaran untuk Komunitas Stand Up Comedy hendaknya lebih ditingkatkan lagi terkait dengan penerapan pembelajaran yang disampaikan dengan melakukan kegiatan open mic di luar café dengan melibatkan banyak khalayak, Saran untuk tahapan-tahapan kegiatan kegiatan yang ada pada Komunitas Stand Up Comedy hendaknya ditambah dengan mengajak anggota komunitas untuk menggali ide secara bersama-sama dengan anggota lain dengan melakukan pengamata terhadap suatu objek yang dikemas dari sudit pandang masing-masing comika. Dengan adanya saran ini diharapkan memberikan manfaat bagi khalayak Stand Up Comedy untuk menambah wawasan baru serta memberikan sumbangan ide dalam pelaksanaan open mic di Komunitas Stand Up Comedy. Serta dapat menjadi referensi bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang.