SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI MASYARAKAT PADA PENGARUH LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI DUSUN TEGALSARI

arifianto susilo

Abstrak


Susilo, Arifianto. 2016. Persepsi Masyarakat Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Dusun Tegalsari.Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Hambali, M.Pd (2) Sopingi, S.sos, M.Pd

Kata Kunci: Persepsi, Peningkatan Ekonomi Keluarga

Persepsi adalah proses kognitif yang dialami oleh setiap orang di dalam memahami informasi tentang lingkungannya, baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dan penciuman. Peningkatan Ekonomi Keluarga adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu kelompok atau indvidu secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Penelitian ini menggunakan fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data/ responden dalam penelitian ini adalah Masyarakat di Dusun Tegalsari, Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan penelitian menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Dusun Tegalsari bisa meningkatkan perekonomian bagi keluarga dengan adanya lembaga kursus bahasa Inggris di dusun tersebut. Keberadaan lembaga kursus berdampak pada pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kebersihan lingkungan, pekerjaan dan juga Pendapatan.

Saran (1) bagi masyarakathendaknya masyarakat selalu bisa berinovasi dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Ikut serta dalam menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif. Saran (2) bagi Lembaga Kursus hendaknya selalu menjalin komunikasi dan kerjasama dengan masyarakat agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dengan kegiatan kursus bahasa Inggris. Saran (3) bagi Pendidikan Luar Sekolah bisa membantu masyarakat dalam pengorganisasian sehingga antara masyarakat dan lembaga kursus selalu menjaga keharmonisan dalam setiap kegiatan yang dijalankan di dusun Tegalsari.