SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

NajihGilangRamadhan. 2016. PengaruhPemasanganFemaxTerhadapKonsumsi BahanBakardanEmisi Gas BuangPadaSepeda Motor Vega ZR. Skripsi. JurusanTeknikMesin, FakultasTeknikUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Imam MudaNauri.S.T.,M.T (2) Drs. Paryono.S.T

najih gilang ramadhan

Abstrak


Perkembangan ilmu dan teknologi didunia terus berjalan  seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan setiap tahun nya juga akan berpengaruh pada jumlah konsumsi bahan bakar yang digunakan. Sedangkan cadangan minyak bumi dunia semakin tahun akan semakin berkurang karena dihasilkan dari fosil yang memiliki keterbatasan produksi dan akhirnya akan habis, karena bahan bakar tersebut tidak dapat diperbarui. Seiring meningkatnya jumlah kendaraan akan mengakibatkan emisi gas buang sisa kendaraan bermotor akan meningkat.Emisi gas buang ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan disekitarnya karena mengandung gas-gas yang berbahaya. Untuk mengurangi dampak-dampak tersebut perlu adanya upaya untuk menyempurnakan proses pembakaran pada kendaraan bermotor, yaitu salah satunya dengan pemasangan femax.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan femax terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Vega ZR, dan diperoleh alternative yang mengurangi konsumsi bahan bakar pada motor bensin sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat dan menurunkan kadar emisi gas buang.

Penelitian ini dilaksanakan di Labolatorium Teknik Mesin Universitas Negeri Malang, pada tanggal 24-25 mei 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji beda Paired Sample Test.

Hasil yang di dapat pada penelitian ini ialah selisih konsumsi bahan bakar antara penggunaan femax dan tanpa penggunaan femax sebesar (29,7 10ml/detik ). Selisih kadar emisi gas buang CO antara penggunaan femax dan tanpa penggunaan femax sebesar (0,1638 %) dan selisih kadar emisi gas buang HC antara penggunaan femax dan tanpa penggunaan femax sebesar (7,6 ppm) .

Berdasarkan hasil penelitian diatas dan setelah dilalukan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tanpa pemasangan femax dan dengan pemasangan femax terhadap komsumsi bahan bakar. Ada perbedaan yang signifikan antara tanpa pemasangan femax pada kadar emisi gas buang CO, dan ada perbedaan yang signifikan antara tanpa pemasangan femax dengan pemasangan femax terhadap kadar emisi gas buang HC. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan jenis kendaraan yang berbeda, missalnya kendaraan yang sudah menggunakan system EFI ,baik pada motor tipe matik maupun tipe manual.