SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keuangan Malang

teni aryanti

Abstrak


ABSTRAK

Aryanti, Teni. 2016. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keuangan Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Supriyono, M.Pd, (II) Dr. H. M. Ishaq, M.Pd

Kata Kunci : evaluasi program, pelatihan, pendidikan luar sekolah

Evaluasi merupakan komponen utama dalam manajemen program pendidikan dan pelatihan untuk mengontrol ketercapaian tujuan dan dapat digunakan sebagai alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan. Berbagai program diklat yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keuangan Malang memiliki tujuan yang telah direncanakan, untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan tersebut pihak Balai Diklat Keuangan Malang melakukan evaluasi terhadap program yang dilaksanakan guna memberikan informasi-informasi untuk mengambil keputusan terhadap program diklat yang dilaksanakan.

Tujuan penelitian secara umum dalam penelitian ini adalah mengetahui evaluasi program pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh Balai Diklat Keuangan Malang. Tujuan khusus penelitian untuk mendeskripsikan: (1) jenisevaluasi yang digunakan oleh Balai Diklat Keuangan Malang (2) komponen yang dievaluasi oleh Balai Diklat Keuangan Malang, dan (3) pemanfaatan hasil evaluasi program diklat yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keuangan Malang.

Metode penelitian yang dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah empat orang dari seksi evaluasi dan informasi, satu orang seksi penyelenggaraan, satu orang staff tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah (1) jenis evaluasi yang digunakan oleh Balai Diklat Keuangan Malang merupakan jenis evaluasi yang terpusat pada pengambilan keputusan terhadap suatu program diklat yang dilaksanakan. jenis evalausi yang digunakan meliputi jenis evaluasi tingkat reaction, learning, behavior, danresult; (2) komponen program diklat yang di evaluasi oleh Balai Diklat Keuangan Malang diantaranya; evaluasi pada peserta, evaluasi pengajar, dan evaluasi penyelenggaraan. Media yang digunakan dalam evaluasi program diklat menggunakan kuisioner. Sasaran evaluasi program diklat yaitu pengajar, penyelenggara, dan peserta; dan (3) pemanfaatan hasil evaluasi program yang dilakukan digunakan untuk pengembangan atau perbaikan program diklat selanjutnya dan laporan bentuk pertanggungjawaban lembaga terhadap pusdiklat.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan, (1) Kepala Balai Diklat Keuangan Malang disarankan untuk ikut serta dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan diklat maupun evaluasi pengajar secara menyeluruh sehingga diharapkan memudahkan kepala balai untuk menilai dan mengambil keputusan terhadap diklat yang telah di selenggarakan; (2) Seksi Penyelenggara disarankan untuk hasil evaluasi penyelenggaraan yang dilakukan secara lisan sebaiknya ditulis dalam catatan atau direkam menggunakan alat perekam untuk mendukung evaluasi penyelenggaraan yang menggunakan kuisioner; dan (3) Seksi Evaluasi dan Informasi disarankan untuk pembagian form evaluasi pengajar dan penyelenggara sebaiknya diberikan waktu khusus untuk mengisi.