SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Bentuk Komunikasi Dalam Keluarga dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun

rahmawati .

Abstrak


Kata Kunci:  Bentuk komunikasi, keluarga, perkembangan, anak usia dini

 

Keluarga menjadi tempat pertama bagi seseorang dalam memulai kehidupannya. Peran aktif orangtua terhadap perkembangan anak sangat diperlukan terutama pada saat mereka masih berada dibawah usia lima tahun. Pada masa anak usia dini mudah sekali untuk menyerap informasi yang di dapatkan sehingga dikatakan masa golden age, yaitu masa yang sangat tepat untuk memberikan stimulus untuk perkembangannya. Tingkat perkembangan anak akan berkembang secara optimal jika orangtua terlibat untuk memberikan rangsangan yang bersifat menyeluruh meliputi pendidikan, pengasuhan, kesehatan, gizi dan perlindungan yang diberikan melalui pembiasaan. Rangsangan yang diberikan pada anak dilakukan melalui komunikasi yang terjalin di antara orangtua dengan anaknya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pembahasan mengenai hubungan bentuk komunikasi orangtua dengan anak terhadap perkembangan anak.

 

Penelitian ini dilakukan (1) Untuk mendeskripsikan komunikasi orangtua kepada anak usia dini 4-6 tahun di RA Ma’arif III, (2) Untuk mendeskripsikan perkembangan anak usia dini 4-6 tahun, (3) Untuk mengetahui hubungan bentuk komunikasi orangtua dengan anak dengan perkembangan anak.

 

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan kuantitatif korelasional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi tata jenjang.

 

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan yang menunjukkan bahwa (1) Bentuk komunikasi orangtua dan anak usia 4-6 tahun di RA Ma’arif III Sukorejo diketahui sebagian besar orangtua menerapkan bentuk komunikasi secara verbal maupun non (2) Perkembangan anak di RA Ma’arif III Sukorejo memiliki perkembangan yang baik dan sesuai dengan aspek pencapaian tugas perkembangan untuk usia 4-6 tahun. (3) Terdapat hubungan yang positif antara bentuk komunikasi orangtua dan anak dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun.

 

Dari hasil penelitian tersebut, maka disarankan (1) bagi orangtua, hendaknya meningatkan pemahaman mengenai pendidikan anak usia dini yang lebih khususnya pada perkembangan anak. 2) bagi bidang Pendidikan Luar Sekolah, hendaknya memberikan kontribusinya dalam mendidik anak di lingkungan keluarga yaitu dengan mengadakan parenting education, dan (3) bagi penelitian lainnya, hendaknya dalam melakukan penelitian yang masih dalam aspek yang sama lebih diperdalam lagi dalam hal faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bentuk komunikasi orangtua.