SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyelenggaraan Pelatihan Instalasi Penerangan oleh Unit Pelaksana Pelatihan Kerja (UPTPK) diSitubondo (Studi Kasus Tentang Penyelenggaraan Pelatihan Instalasi Penerangan)

Halifatul . Kamiliyah

Abstrak


ABSTRAK

Kamiliyah,Halifatul. 2016. Penyelenggaraan Pelatihan Instalasi Penerangan oleh Unit Pelaksana Pelatihan Kerja (UPTPK) diSitubondo (Studi Kasus Tentang Penyelenggaraan Pelatihan Instalasi Penerangan).Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir, M.A., (II) Drs. Lasi Purwito,M.S.

Kata Kunci : penyelenggaraan, pelatihan, instalasi penerangan.

Pelatihan adalah sebagai suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan yang telah dimiliki. Salah satu lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan pelatihan adalah UPTPK di Situbondo. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukanoleh UPTPK diSitubondo, terdapat permasalahan dalampenyelenggaraan pelatihan instalasi penerangan berbasis kompetensi yang dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 22 Oktober 2015.Hal tersebut adalah pertama, pelatihan berbasis kompetensi sebenarnya diterapkan pada pelatihan yang pesertanya diisi oleh karyawan atau pekerja yang memiliki kompetensi dasar dari pelatihan tersebut. Tetapi pada kenyataannya, mayoritas peserta pada pelatihan instalasi penerangan oleh UPTPK di Situbondo adalah bukan berasal dari karyawan atau pekerja melainkan siswa SMA yang baru lulus. Kedua, pelatihan ini diselenggarakan tanpa adanya proses identifikasi kebutuhan belajar. Ketiga, evaluasi pada pelatihan ini dilaksanakan hanya kepada peserta bukan pada keseluruhan unsur program. Untuk menjawab masalah pokok diatas, penelitian ini diarahkan untuk mendeskripsikan tentang: (1) identifikasi kebutuhan belajar pada program pelatihan instalasi penerangan olehUPTPKdi Situbondo, (2) perencanaan program pelatihan instalasi penerangan oleh UPTPK di Situbondo, (3) pelaksanaan program pelatihan instalasi penerangan olehUPTPK di Situbondo, dan (4) evaluasi program pelatihan instalasi penerangan oleh UPTPK di Situbondo.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah penyelenggaraan pelatihan tidak melaksanakan proses identifikasi belajar. Perencanaan pelatihan instalasi penerangan yaitu mencakup: (a) jenis pelatihan, (b) tujuan pelatihan, (c) materi, (d) metode, (e) kualifikasi peserta, (f) kualifikasi pelatih dan (g) waktu. Dari semua cakupan tersebut pada dasarnya pihak UPTPK sudah melaksanakan dengan baik. Hanya saja, UPTPK di Situbondo tidak terdapat seleksi pada kualifikasi peserta dikarenakan calon peserta yang mendaftar sedikit. Pelaksanaan pelatihan sudah berjalan dengan baik. Evaluasi pelatihan berjalan kurang baik. Hal tersebut dikarenakan evaluasi hanya dilakukan oleh instruktur kepada peserta pelatihan. Evaluasi tidak dilakukan pada keseluruhan unsur program.

Berdasarkan hasil penelitian maka terdapat beberapa saran yang peneliti ajukan, diantaranya: (1) bagi jurusan pendidikan luar sekolah yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan untuk pengembangan studi penyelenggaraan pelatihan untuk  mahasiswa pendidikan luar sekolah, (2) bagi UPTPK Situbondo yaitu hasil penelitian dapat dijadikan bahan pengembangan untuk penerapan penyelenggaraan pelatihan instalasi penerangann terutama dalam hal proses seleksi dan evaluasi sehingga pelatihan dapat berjalan dengan efektif, (3) bagi peneliti selanjutnya yaitu peneliti mengharapkan dengan selesainya penelitian ini dapat dijadikan bahan penelitian selanjutnya pada penyelenggaraan pelatihan dengan fokus penelitian yang berbeda.