SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TUNAS HARAPAN PURWOSARI PASURUAN

listiana pramesti

Abstrak


ABSTRAK

Pramesti, Listiana. 2009. Profil Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Tunas Harapan Purwosari Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar

Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mundzir, M. Pd, Pembimbing II: Drs. Urib

Urbiyanto, M. S

Kata Kunci: Profil Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan

pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan, metode dan media

yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini

Tunas Harapan, dan penilaian perkembangan anak yang digunakan oleh pendidik

di Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan. Lokasi penelitian yang dipilih

adalah PAUD Tunas Harapan yang terletak di JL. Kemantren Kecamatan

Purwosari Kabupaten Pasuruan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan

kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode yang dipakai peneliti

adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini

dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2009.

Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada

paud tunas harapan bahwa materi yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran di

PAUD ini untuk anak usia dini dikembangkan merujuk pada pencapaian

kemampuan anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya dalam “menu

pembelajaran generik”. Pendidik memberikan kegiatan pembelajaran yang dapat

mencakup aspek (1) perkembangan moral dan nilai-nilai agama,(2)

pengembangan fisik, (3) pengembangan bahasa, (4) pengembangan kognitif /

daya pikir, (5) pengembangan sosio-emosional, dan (6) pengembangan seni pada

anak. Kegiatan pembelajaran yang diberikan pada anak usia 2-3 tahun dan 3-4

tahun pada dasarnya sama, namun kegiatan pembelajaran yang diberikan untuk

usia 2-3 tahun lebih sederhana dan dilakukan dengan bermain yang bertujuan

untuk pembiasaan moral, melatih bahasa anak, melatih keberanian dan

kemandirian anak serta kedisiplinan dan tanggung jawab anak didik..

Metode pembelajaran di PAUD Tunas Harapan ini dilaksanakan secara

sederhana, manarik dan bervariasi sehingga materi mudah diterima anak didik

sesuai dengan kebutuhan, minat dan kemampuannya. Adapun metode yang

digunakan di PAUD meliputi: (a) Metode bernyanyi, (b) metode bercakap-cakap/

tanya jawab, (c), metode bermain peran, (d) metode bercerita, (e) metode

karyawisata, (f) metode demonstrasi, (g) metode pemberian tugas. Pada PAUD

metode pembelajaran yang diterapkan berdasarkan atas perkembangan anak

secara tepat, bertahap, berulang dan terpadu yang dilakukan dengan suasana

bermain, karena pada dasarnya bermain adalah dunia anak-anak..

Pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidik membutuhkan

media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menarik minat belajar anak

didik. Media yang digunakan adalah media yang ada disekitar PAUD, yaitu

benda-benda, gambar-gambar yang ditempel didinding, buku cerita, buku gambar,

majalah sampai alat-alat yang secara baku digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan materi tertentu. Media pembelajaran anak didik

adalah sederhana, mereka terbiasa bermain dengan apa yang ada disekitarnya.

Segala macam benda, seperti hewan-hewan plastik, boneka, balok, dekak-dekak,

lego, puzzle yang dapat menjadi media bermain untuk mengembangkan

kreativitas dan keterampilan anak didik.

Pendidik PAUD Tunas Harapan menilai anak usia dini dengan observasi,

baik secara individu maupun kelompok dengan tujuan untuk mengetahui

perkembangan anak usia dini dan membantu orang tua dalam memberikan

dorongan pada anak usia dini untuk belajar. Penilaian ini dilakukan oleh

pendidik mulai dari anak didik awal masuk sampai kegiatan belajar berakhir, yang

dilakukan berdasarkan aktivitas pembelajarannya. Penilaian tersebut melalui rapot

dalam bentuk narasi diberikan tiap semester sekali, sedangkan melalui buku

penghubung dalam bentuk narasi diberikan tiap ada kegiatan. Adapun aspekaspek

yang akan dinilai setiap harinya pada buku penilaian adalah: norma /

agama, kognitif atau daya pikir anak usia dini, psikomotorik, dan afektif. Alat

penilaian kegiatan pembelajaran yang digunakan pada PAUD Tunas Harapan,

yaitu melalui pengamatan, pemberian tugas dan hasil karya anak usia dini yang

diberikan secara narasi atau deskripsi.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan tambahan informasi dan

keilmuan dibidang PAUD, khususnya kegiatan pembelajaran pada pendidikan

anak usia dini, adanya metode pembelajaran yang beragam dan bersifat fleksibel,

sehingga materi yang disampaikan mudah diterima oleh anak usia dini sesuai

dengan kebutuhan, minat dan kemampuannya sehingga dapat mencakup semua

aspek pengembangan pada anak usia dini.