SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di PAUD Nurusy Syamsi Tanggung Kecamatan Turen Kabupaten Malang

Erfina Rully Septianingrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Septianingrum, Erfina Rully. 2013. Upaya Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Tanggung Turen Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ach. Rasyad M.Pd, (II) Dr. Hardika, M.Pd

 

Kata Kunci: Upaya Orang Tua, Mengembangkan Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

 

Orang tua adalah pendidik pertama bagi anak-anaknya, apabila anak telah masuk sekolah, orang tua sebagai mitra kerja yang utama bagi pendidik anaknya. Kemampuan bahasa adalah suatu bentuk komunikasi, baik berupa ujaran, tulisan atau tanda-tanda yang didasarkan pada suatu sistem simbol. Bahasa merupakan sistem komunikasi yang meliputi aspek kemampuan mendengarkan dan aspek kemampuan berbicara.

Penelitian ini bertujuan mengetahui a) Untuk mendeskripsikan hubungan upaya orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini pada aspek mendengarkan, b) Untuk mendeskripsikan hubungan upaya orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini pada aspek berbicara, c) Untuk mendeskripsikan hubungan upaya orang tua dengan mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua warga belajar di PAUD Nurusy Syamsi yang berjumlah 36 orang dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kualifikasi presentase. Selanjutnya, teknik analisa yang digunakan teknik analisa product moment pearson, dan analisis korelasi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 36 subyek upaya orang tua dalam melatih kemampuan mendengarkan dan berbicara dengan sigifikan 1% pada taraf signifikan (0,000 < 0,01), artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara upaya orang tua dengan melatih kemampuan mendengarkan dan berbicara, kemudian korelasi berganda diperoleh dengan hasil taraf signifikasi 5% diperoleh hasil yaitu 0,897 > 0,329 dan terbukti ada hubungan yang signifikan antara upaya orang tua dan mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara upaya orang tua dengan mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Nurusy Syamsi Tanggung Turen Malang. Dari hasil penelitian ini disarankan orang tua untuk mengembangkan bahasa anak. Bagi jurusan PLS berkerjasama dengan pemerintah untuk melaksanakan pelatihan dan program bagi orang tua tentang Pendidikan Anak Usia Dini, terutama dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak. Bagi peneliti lanjutan diharapkan lebih difokuskan pada upaya orang tua dengan mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini.