SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD YAYASAN TAMAN ASUH ANAK TERPADU (TAAT) QURROTA A’YUN MALANG

Dwiputri Nirmala

Abstrak


ABSTRAK

 

Nirmala, Dwiputri. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Lembaga PAUD Yayasan Taman Asuh Anak Terpadu (TAAT) Qurrota A’yun Malan). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.H. MA. Prawoto, M.Pd. (2) Drs. Nurhadi, M.Pd.

 

Kata Kunci : pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, anak usia dini.

 

Penanaman karakter sejak usia dini penting dalam membentuk karakter anak dengan memanfaatkan masa emas pertumbuhannya. Lima tahun pertama pertumbuhan anak atau yang sering dikenal dengan the golden age merupakan masa yang baik untuk mengarahkan dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pada masa ini anak dapat menyerap informasi hampir 80% yang terjadi di sekitarnya, sehingga sangat baik memanfaatkan perkembangan tersebut dengan menanamkan nilai-nilai karakter yang positif berupa pengetahuan, kesadaran individu, tekad, serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai spiritual yang mengarahkan seseorang untuk mengerti tentang hubungan dirinya dengan Sang pencipta. Penelitian ini dilakukan di lembaga PAUD Yayasan TAAT Qurrota A’yun yang merupakan yayasan yang memberikan layanan pendidikan untuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter pada anak usia dini dilembaga tersebut.

Penelitian ini diklasifikasikan dalam penelitian deskriptif melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini bersifat penelitian populasi. Populasi dari penelitian ini yaitu kepala sekolah dan pendidik dilembaga PAUD Yayasan TAAT Qurrota A’yun Malang. Jumlah populasi keseluruhan yaitu 36 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket dan wawancara, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis persentase.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Tujuan dari pendidikan karakter dilembaga PAUD Yayasan TAAT Qurrota A’yun yaitu menanamkan nilai religious sejak dini sebagai fondasi terbentuknya nilai-nilai karakter yang lain. Menggali bakat dan minat peserta didik, menumbuhkan wawasan yang luas melalui eksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi, namun tetap dibarengi dengan IMTAQ. (2) Metode yang digunakan cukup beragam namun yang paling dominan yaitu metode keteladanan, mendongeng, bernyanyi, bermain dan metode demonstrasi. (3) Media yang digunakan telah memenuhi kriteria media pembelajaran untuk anak usia dini. (4) Materi pendidikan karakter mengandung nilai-nilai karakter yang menjadi prioritas utama dalam pengembangan nilai karakter terhadap anak. (5) Peran pendidik telah sesuai dengan kriteia pendidikan anak usia dini dan tergolong sangat baik. (6) Lingkungan belajar yang menjadi perhatian bukan hanya lingkungan yang bersifat fisik namun lingkungan belajar yang bersifat non fisik. (7) Evaluasi pendidikan karakter meliputi, indikator karakter yang dikembangkan dan tingkat efektivitas proses pembelajaran yang dialami oleh anak. (8) Hambatan yang dialami oleh lembaga PAUD Yayasan TAAT Qurrota A’yun yaitu masalah sarana dan prasarana serta kualitas sumber daya manusia, sehingga diperlukan solusi yang tepat dan efektif untuk mengatasi hambatan tersebut.

Pelaksanaan pendidikan karakter memerlukan kerjasama antara pendidik dan orangtua. Metode yang digunakan lebih variatif dengan menciptakan metode pendidikan karakter yang lebih efektif dan efisien, sehingga nilai-nilai karakter dapat tertransformasikan dengan baik. Peran pendidik sangat diperlukan dalam pendidikan karakter Oleh karena itu pendidik diharapkan mempunyai kemampuan dalam menanamkan nilai-nilai karakter terhadap anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya, mengenai kajian dengan tema yang serumpun dengan mengkaji hasil penelitian ini lebih lanjut.