SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini di Rumah (Studi Pada Orang Tua Peserta Didik Kelompok Bermain Ulil Albab, Kelompok Bermain An-Nur, dan Kelompok Bermain Al-Ghufron Malang)

Yani Arwidhi Raharizky

Abstrak


ABSTRAK

 

Raharizky, Yani Arwidhi. 2012. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini di Rumah (Studi Pada Orang Tua Peserta Didik Kelompok Bermain Ulil Albab, Kelompok Bermain An-Nur, dan Kelompok Bermain Al-Ghufron Malang), Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sucipto, M.S, (II) Drs. Muchsin Zain

 

Kata kunci: pola asuh orang tua, perilaku disiplin anak usia dini di rumah

 

Orang tua merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan kepribadian anak, karena aspek pengaruh orang tua bersifat pengasuhan secara langsung. Pengasuhan ini meliputi mendidik, membimbing, merawat, menjaga, dan mendisiplinkan anak sesuai dengan norma yang diharapkan masyarakat pada umumnya. Pola asuh orang tua ini merupakan salah satu faktor yang menentukan perilaku disiplin anak usia dini di rumah.

Penelitian ini dilaksanakan di tiga kelompok bermain yang berada di komplek perumahan sawojajar Malang yaitu yang terdiri dari KB Ulil Albab, KB An-Nur, dan KB Al-Ghufron yang bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pola asuh orang tua di rumah (KB Ulil Albab, KB An-nur, dan KB Al-Ghufron), (2) gambaran perilaku disiplin anak usia dini di rumah (KB Ulil Albab, KB An-nur, dan KB Al-Ghufron), (3) hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku disiplin anak usia dini di rumah (KB Ulil Albab, KB An-nur, dan KB Al-Ghufron), (4) pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku disiplin anak usia dini di rumah (KB Ulil Albab, KB An-nur, dan KB Al-Ghufron).

Populasi dalam sampel penelitian ini adalah para orang tua yang berjumlah 128 orang dengan sampel total 64 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dan regresi linear ganda yang diolah menggunakan komputer program SPSS.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) antara pola asuh otoriter dengan perilaku disiplin anak usia dini di rumah terdapat pengaruh yang signifikan yaitu dapat diketahui dari hasil t hitung > t tabel = 1.794 > 1.669, (2) antara pola asuh demokratis dengan perilaku disiplin anak usia dini di rumah terdapat pengaruh yang signifikan yaitu dapat diketahui dari hasil t hitung > t tabel = 1.759 > 1.669, (3) antara pola asuh permisif dengan perilaku disiplin anak usia di rumah terdapat pengaruh yang signifikan yaitu dapat diketahui dari hasil t hitung > t tabel = 2.183 > 1.669, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perilaku disiplin anak usia dini di rumah yaitu dengan melihat f hitung > f tabel = 1.900 > 2,76.

Berdasarkan penelitian ini dapat dikatakan bahwa pola asuh demokratis sangat berpengaruh terhadap perilaku disiplin anak usia dini di rumah dengan nilai 0.852 terbesar diantara variabel yang lain. Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang sangat baik diterapkan di KB Ulil Albab, KB An-nur, dan KB Al-Ghufron. Hal ini terbukti perilaku disiplin anak usia dini di rumah sangat baik. Dari hasil penelitian disarankan (1) kepada orang tua untuk menerapkan pola asuh demokratis guna membiasakan anak berperilaku disiplin yang baik dan disarankan juga bagi orang tua supaya memberi contoh yang baik kepada anak kapan pun dan dimana pun berada, (2) kepada lembaga pendidikan untuk selalu memperhatikan dan mengarahkan anak untuk berperilaku disiplin serta dapat meningkatkan kerjasama dengan orang tua untuk mendisiplinkan anak mereka.