SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Alat Permainan Edukatif yang Digunakan PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang

Dewi Novianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Novianti, Dewi. 2011. Alat Permainan Edukatif yang Digunakan PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdillah Hanafi, M. Pd, (2) Dr. Hardika, M. Pd.

 

Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, PAUD dan TK

 

Bermain mempunyai manfaat yang besar bagi perkembangan anak dan juga merupakan pengalaman belajar yang sangat berguna bagi anak usia dini. Dengan bermain diharapkan daya pikir, daya cipta, bahasa, keterampilan, dan jasmani anakanak dapat berkembang maksimal. Salah satu cara mendidik anak yang menyenangkan adalah menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE).

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis APE yang digunakan Lembaga PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang; (2) Untuk mengetahui persepsi Lembaga PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang tentang kegunaan APE dalam pengembangan kecerdasan anak usia dini; (3) Untuk mengetahui penganggaran penyediaan APE di Lembaga PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang; (4) Untuk mengetahui APE apa saja yang masih dibutuhkan untuk pengembangan anak di lembaga saat ini.

Penelitian ini dilakukan terhadap lembaga PAUD dan TK di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah lembaga PAUD dan TK di Kec. Blimbing Kota Malang dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel total. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis persentase.

Dari hasil penelitian maka dapat dikemukakan bahwa terdapat berbagai jenis APE yang digunakan di PAUD dan TK Kec. Blimbing Kota Malang pada 10 sentra beserta 6 aspek perkembangannya. Mengenai pengadaan APE pada lembaga PAUD dan TK Kec. Blimbing Kota Malang paling banyak lembaga menjawab menganggarkan 5-20% dari anggaran lembaga. Sedangkan APE yang masih dibutuhkan oleh lembaga adalah panjat tebing, kolam renang, puzzle, mandi bola, alat musik, jembatan layang, papan flannel, panggung boneka, gelas reaksi, alat tradisional, komedi putar, jembatan lengkung, tangga bentuk kubus, alat peraga, alat main drama, celemek, gamelan, ayunan, jungkat-jungkit, papan titian, buku-buku, kostum, bak pasir, papan magnet, plastisin, cetakan hewan, dan playground.