SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Program Pelatihan yang dilaksanakan Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang dalam Perspektif Peserta dan Penyelenggara (Studi Kasus pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sekretaris Desa)

Agung candra kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

Kurniawan, Agung Candra. 2011. Evaluasi Program Pelatihan yang dilaksanakan Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang dalam Perspektif Peserta dan Penyelenggara (Studi Kasus pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sekretaris Desa). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Supriyono, M. Pd (2) Drs. Suripan, M. Si.

 

Kata Kunci: Evaluasi Program Pelatihan, Pendidikan Luar Sekolah.

Pelatihan peningkatan kapasitas sekretaris desa diselenggarakan oleh Balai Besar Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa Malang yang berlokasi di Jl. Raya Langsep No. 7 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum evaluasi program pelatihan peningkatan kapasitas sekretaris desa yang dilaksanakan Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang dalam Perspektif Peserta dan Penyelenggara. Dalam hal ini sangat penting peran Pendidikan Luar Sekolah untuk mencari tahu keberhasilan pelatihan yang diselenggarakan dengan mengetahui evaluasinya. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi.

Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Desain evaluasi pelatihan peningkatan kapasitas sekretaris desa di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang adalah (a) evaluasi selama pelatihan, meliputi; evaluasi refleksi, harian, belajar, pre tes-pos tes, dan (b) monitoring dan evaluasi pasca pelatihan. (2) Pelaksanaan evaluasi pelatihan peningkatan kapasitas sekretaris desa adalah (a) evaluasi selama pelatihan meliputi; evaluasi reaksi/refleksi adalah evaluasi yang dilakukan fasilitator secara lisan dipagi hari, evaluasi harian adalah evaluasi yang dilakukan setiap hari pada akhir pemberian materi, evaluasi belajar adalah evaluasi yang disajikan fasilitator secara lisan di setiap materi yang disampaikan, evaluasi pre dan pos tes evaluasi yang dilakukan pada hari pertama dan pada hari terakhir pelatihan, (b) monitoring dan evaluasi pasca pelatihan pelaksanaannya satu tahun setelah pelatihan selesai. (3) Pandangan Pimpinan memaknai evaluasi adalah sebagai pertanggungjawaban danbahan pengajuan anggaran. (4) Pemaknaan yang diberikan penyelenggara terhadap evaluasi adalah untuk mengetahui tercapainya tujuan pelatihan. (5) Pemaknaan yang diberikan peserta terhadap evaluasi adalah dianggap menguji atau mengukur pengetahuan mereka.

Berdasarkan hasil penilitan ini, (1) Saran kepada Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang dalam evaluasi belajar (PB-SPB) sebaiknya ada instrumentnya dan tidak disampaikan secara lisan. Kemudian agar lebih memperhatikan input dan impact, (2) Bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Malang dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, (3) Untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya lebih menekankan pada penerapan evaluasi studi lapangnya.