SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Al-Azhar Kid’s World).

Yeni Sulistyaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistyaningrum, Yeni. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Al-Azhar Kid's World). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Djauzi Moedzakir, M. A, (2) Drs. Muchsin Zain.

 

Kata Kunci  : Pola Asuh, Perkembangan Anak

 

Usia 0 - 5  tahun   merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan  kehidupan  manusia  yang  akan  menentukan  perkembangan  anak selanjutnya.  Hubungan  yang  baik  antara  anak  dan  orang  tua  akan  membantu pembinaan  kepribadian  anak.  Keluarga  atau  orang  tua  adalah  lingkungan  yang mulai pertama dikenal anak dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan diri setiap anak. Tugas dan  tanggung  jawab keluarga (orang  tua) adalah menciptakan situasi  dan  kondisi  mengenai  hal-hal  yang  dapat  dihayati  anak-anak  untuk memperdalam  makna  -  makna  esensial  yang  ada.  Pola  asuh  orang  tua  akan memberikan  pengaruh  terhadap  keaktifan  dan  prestasi  belajar  anak. Anak  yang cerdas dan proses belajar di sekolah  juga baik,  ternyata  terkadang belum mampu menghasilkan  nilai  yang  sesuai  dengan  harapan  dan  keinginan  guru  serta  orang tua.  Hal  ini  antara  lain  disebabkan  oleh  lingkungan  keluarga  yang  kurang mendukung,  baik  dalam  bentuk  lemahnya  ekonomi  keluarga  yang  akhirnya menyebabkan kurang mendukung penyediaan sarana belajar, ketidak harmonisan keluarga,  maupun  ketidaktepatan  pola  asuh  orang  tua  yang  akhirnya  dapat menyebabkan motivasi belajar anak menurun.

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum  (1) pola asuh orang tua terhadap anak usia dini mereka selama ini, khususnya anak yang berada di Al-Azhar Kid‟s World Malang, (2) Pola asuh orang tua terhadap anak usia dini di Al-Azhar Kid‟s World Malang dilihat dari latar belakang pekerjaaan orang tua, (3) Pola asuh orang tua terhadap anak usia dini di Al-Azhar Kid‟s World Malang dilihat dari  tingkat pendapatan orang  tua,  (4) Pola asuh orang  tua  terhadap anak usia dini di Al-Azhar Kid‟s World Malang dilihat dari  tingkat pendidikan orang tua.

Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif.  Populasi dalam  penelitian  ini  adalah  Orang  tua  murid  di  Al  Azhar  Kid‟s  World  yang berjumlah  70  orang.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  angket  dan wawancara, tenik analisis data yang digunakan adalah prosentase.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa pola asuh orang tua sebagian besar adalah  demokatis.  Hal  ini  ditunjukkan  dalam  hasil  penelitian  bahwa  orang  tua yang selalu menerapkan pola asuh demokratis sebesar 50%, yang kadang-kadang menerapkan  pola  asuh  demokratis  sebesar  38.03%,  dan  yang  tidak  pernah menerapkan pola asuh demokratis sebesar 11.78%.

Dari  hasil  penelitian  disarankan  pada:  (1)  Orang  tua,  Dalam  mengasuh   3 anak hendaknya  tidak hanya menggunakan satu macam bentuk pola asuh, karena antara pola asuh yang satu dengan pola asuh yang lain terdapat keterkaitan, Selain itu  hendaknya  orang  tua  menggunakan  pola  asuh  orang  tua  yang  tepat  agar perkembangan  pada  anak  bisa  terjadi  secara  optimal,  (2)  guru  Al-Azhar  Kid‟s World Malang,  dapat membimbing  setiap  aspek  secara  individual  hingga  siswa  menguasai  materi  pelajaran  sepenuhnya  dan  juga  mampu  berkembang  secara fisik, bahasa, kognitif, dan sosial anak (3) Jurusan PLS FIP UM, dapat dijadikan referensi  dalam  mengembangkan  program  Pendidikan  Luar  Sekolah  terutama dalam  bidang  Pendidikan  Anak  Usia  Dini,  (4)  Peneliti  lain,  Diharapkan  untuk melengkapi kekurangan yang ada untuk mengembangkan ilmu tentang Pendidikan Anak  Usia  Dini  khususnya  tentang  pengembangan  pola  asuh  orang  tua  dalam perkembangan anak  dan dapat digunakan untuk penelitia-penelitian lanjutan.