SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Sekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN KOMPONEN PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I MALANG

INNECKE KARTIKA WISNOE WARDHANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardhana, Innecke Kartika Wisnoe. 2011. Keefektifan Komponen Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Dr. H. M. Ishaq, M.Pd., (2). Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd.

 

Kata Kunci: keefektifan, komponen pembelajaran, program kesetaraan Paket C

 

Pendidikan merupakan sektor penting yang berperan aktif dalam meningkatkan pembangunan bangsa. Masyarakat Indonesia sekarang ini masih banyak yang belum mendapatkan pelayanan pendidikan terutama masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Pendidikan yang diselenggarakan Lembaga Pemasya-rakatan Kelas I Malang merupakan salah satu bentuk PLS yang tidak lepas dari komponen-komponen PLS yaitu (1) warga belajar, (2) sumber belajar, (3) pamong belajar, (4) ragi belajar, (5) kelompok belajar, (6) sarana belajar, (7) panti belajar, (8) program belajar, dan (9) hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini mendes-kripsikan mengenai keefektifan komponen pembelajaran program kesetaraan Paket C di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Angket berisi 26 pertanyaan. Pertanyaan pada angket tersebut diberikan kepada 20 orang warga belajar kesetaraan Paket C sebagai sampel dari populasi yang berjumlah 104 orang. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen pembelajaran (warga belajar, sumber belajar, pamong belajar, ragi belajar, kelompok belajar, sarana belajar, panti belajar, program belajar, dan hasil belajar) program kesetaraan Paket C dikatakan efektif. Semua pada kategori 75,1-100%. Adapun saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keefektifan komponen pembelajaran, diharapkan: 1. Melibatkan secara lebih aktif dalam proses perencanaan belajar, 2. Memanfaatkan sumber-sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar, 3. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dengan baik dengan cara bekerja sama dengan penilik pendidikan, 4. Mengembangkan model-model motivasi belajar untuk meningkatkan semangat warga belajar, 5. Dalam satu kelompok belajar, hanya terdapat 20-25 warga belajar sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, 6. Memanfaatkan sarana belajar yang ada serta menambah kualitas maupun kuantitas dari sarana belajar, 7. Dapat diperoleh tempat-tempat baru yang lebih layak saat proses pembelajaran, 8. Kurikulum seharusnya disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku, baik dari SKB maupun penyelenggaraan Paket C lain, 9. Adanya evaluasi belajar secara reguler setiap bulan, dan 10. Agar mempertahankan sifat warga belajar yang aktif dalam proses pembelajaran. Karena pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat membawa warga belajar yang aktif.