SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

implementasi pembelajaran bagi siswa tunagrahita ringan (studi kasus) di kelas inklusi SD Anak Saleh Malang

Ilmi Alfiatul Dita

Abstrak


ABSTRAK

Ilmi, Alfiatul Dita, 2019.Implementasi Pembelajaran Bagi Siswa Tunagrahita  Ringan (Studi Kasus) di Kelas Inklusi SD Anak Saleh Malang. Skripsi, jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbig: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd (II) Eka Pramono Adi, S. IP, M. Si

Kata Kunci: Pembelajaran, Tunagrahita Ringan, Pendidikan Inklusi

Berdasarkan hasil observasi peneliti di SD Anak Saleh Malang di kelas inklusi, dari penelitian lapangan yang di dapat saat pembelajaran bahwa terdapat siswa tunagrahita ringan mampu latih di kelas V bernama HZ. Implementasi  pembelajaran HZ di kelas inklusi memerlukan modifikasi pembelajaran dengan menyederhanakan perangkat pembelajaran dari RPP dan PPI. Tujuannya adalah mengoptimalkan kemampuan dan perkembangan diri yang dimiliki HZ. Dan komponen pembelajaran yang perlu di modifikasi meliputi materi, metode, media pembelajaran. Dalam pendidikan inklusi di SD Anak Saleh Malang berusaha memberikan pembelajaran akademik maupun non akademik (pengembangan diri) sesuai dengan kebutuhan HZ. Selain itu untuk mencapai tujuan dalam perkembangan HZ terdapat kolaborasi  dari lingkungan sekolah dan luar sekolah. Seperti Koordinator Inklusi, guru kelas, GPK, terapis serta orang tua HZ.

Penelitian ini bertujuan

(1) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran bagi siswa tunagrahita ringan (Studi Kasus)  di kelas inklusi SD Anak Saleh Malang, dan

(2) Mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran bagi siswa tunagrahita  ringan (Studi Kasus) di  kelas inklusi SD Anak Saleh Malang.

Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil penelitian menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian studi menunjukkan bahwa SD Anak Saleh Malang memiliki komitmen dalam pendidikan inklusi untuk penerimaan siswa berkebutuhan khusus yang berkolaborasi dengan, koordinator inklusi, guru kelas, GPK, terapis dan orang tua. Faktor pendukung yaitu lingkungan sekolah menerima keadaan siswa tunagrahita ringan. Faktor penghambat dari lingkungan sekolah yang membuat HZ tidak mood belajar. karena lingkungan juga sangat mempengaruhi kondisi HZ