SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proses Pemagangan Pendidik Anak Usia Dini Dalam Konteks Pengembangan Kompetensi Pedagogik

Wahyu Agung Nugraha

Abstrak


Kata Kunci: Pemagangan, Pendidi Anak Usia Dini, Kompetensi Pedagogik

Pendidik yang profesional harus memiliki kompetensi yang baik dalam menjalankan tugasnya. Walau memiliki latar belakang pendidikan yang bukan pendidikan anak usia dini. Hal ini memberikan alasan tersendiri bagi terlaksananya program pembelajaran magang yang dilakukan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kependidikan adalah melakukan pembelajaran terutama dalam hal kompetensi pedagogi. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan proses persiapan lingkungan belajar oleh pendidik dan asisten pendidik, proses transfer pengetahuan dari pendidik ke asisten pendidik, dan perolehan hasil belajar dari proses pemagangan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, dokumentasi, dan subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu: 1 orang kepala sekolah, 2 orang pendidik, 2 orang asisten pendidik. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan ke absahan data dilakukan dengan pengecekan data, triangulasi sumber, dan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, para pendidik terbiasa melakukan proses persiapan lingkungan belajar dan dilakukan secara berbeda beda, ada yang dari seminggu sebelumnya atau beberapa hari sebelum pembelajaran sesuai program dan lesson play yang telah disepakati dan dengan kesepakatan pendidik dan asisten pendidik yang mengelola kelas. Proses transfer pengetahuan dari pendidik ke asisten pendidik berupa saling sharing pengalaman mengajar, penanganan anak, worksheet, kurikulum, dan time table serta yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan seputar kompetensi pedagogik. Perolehan hasil belajar dari proses permagangan adalah peningkatan kompetensi pedagogik dan perubahan dari segi koginitif, psikomotorik, dan afektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pemagangan pendidik anak usia dini dalam konteks pengembangan kompetensi pedagogik sangat penting sekali. Karena melalui pemagangan asisten pendidik dapat memahami proses persiapan lingkungan belajar, mendapatkan pengetahuan baru yang berguna dalam proses pembelajaran dan meningkatan kompetensi pedagogik.