SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Field Trip Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang

Wati Fuziana Furi

Abstrak


ABSTRAK

Wati, Fuziana Furi, 2019. Penerapan Metode Field Trip Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. M. Shodiq AM. M.Pd, (II) Dr. Henry Praherdhiono. S.Si, M.Pd

Kata kunci : Metode Field Trip, Tunarungu, Karangan Deskripsi

Tunarungu merupakan kondisi tidak berfungsinya organ pendengaranb sehingga mengakibatkan kehilangan pendengaran yang berdampak pada kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, anak sulit mengasosiasi pengetahuan baru sehingga mengalami keterlambatan dalam belajar terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan metode yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan anak yaitu metode Field Trip untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi anak tunarungu.

Tujuan penelitian ini adalah:

(1) meningkatkan aktivitas dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi

(2) meningkatkan kemampuan dalam menulis karangan dekripsi sesuai dengan penyusunan Subjek, Predikat, Objektif dan Keterangan  pada siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang (3) mengetahui perbedaan hasil belajar, sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran dengan Field Trip.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan model penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII dan VIII (10 siswa) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia (Tematik). Teknik pngumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan adanya perbedaan hasil belajar. Rata-rata nilai di kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional 47,5 dan kelas eksperimen 78 diuji menggunakan Uji Wilcoxon.

Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan keputusan hipotesis menggunakan uji Wilcoxon yaitu H0 ditolak sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode field trip dalam menulis karangan deskripsi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan prnggunaan metode konvensional. Penerapan metode Field Trip meningkatkan kreativitas siswa dalam menuliskan cerita sesuai dengan kenyataan yang ada dan akan berpengaruh pada pengetahuan anak pada jenjang pendidikan selanjutnya.