SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Pembelajaran Kesehatan Reproduksi Program Bina Diri Anak Tunagrahita di SLB Negeri Pandaan Pasuruan.

Andini Nadya

Abstrak


ABSTRAK

Andini, Nadya. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Kesehatan Reproduksi Program Bina Diri Anak Tunagrahita di SLB Negeri Pandaan Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Imu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Abdul Huda, M.Pd, (II) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum.

Kata Kunci : Tunagrahita, Video Pembelajaran, Menstruasi

Anak tunagrahita adalah anak yang mempunyai keceradasan dibawah rata-rata, mengalami hambatan dalam perilaku adaptif, akademis, komunikasi dan sosial yang terjadi pada masa perkembangan sehingga memerlukan layanan pendidikan khusus. Pada remaja tunagrahita pertumbuhan fisik normal namun tidak diiringi dengan kemampuan berfikir yang semestinya. Salah satu contoh perubahan fisik pada remaja wanita yaitu menstruasi. Pembelajaran merawat menstruasi ada pada  program pengembangan diri. Pembelajaran merawat menstruasi merupakan pembelajaran yang cukup rumit bagi siswa tunagrahita. Sehingga dibutuhkan media untuk mempermudah pemahaman siswa tunagrahita dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi tentang perawatan menstruasi. Menurut hasil observasi di SLB Negeri Pandan Pasuruan belum ada media pembelajaran menstruasi. Video pembelajaran dapat menjelaskan materi yang kompleks, yang sulit dijelaskan dengan kata-kata dan gambar saja seperti materi tentang merawat menstruasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat produk berupa video pembelajaran kesehatan reproduksi pada program bina diri khusus materi merawat menstruasi untuk siswa tunagrahita.

Pengembangan produk yang dilaksanakan menggunakan metode dari Borg dan Gall yang dimodivikasi menjadi 7 tahap, yaitu:

(1) Penelitian dan pengumpulan data;

(2) perencanaan;

(3) Pengembangan desain produk awal;

(4) Validasi produk awal;

(5) Revisi produk awal;

(6) uji coba lapangan, dan

(7) Revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan leh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Uji coba dilaksanakan dengan sasaran siswa tunagrahita yang telah mengalami menstruasi di SLB Negeri Pandaan Pasuruan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk validasi dan tes perbuatan untuk uji coba.Video pembelajaran yang dikembangkan berjudul “Panduan Menstruasi Sehat”. Hasil skor validasi ahli media yaitu 98% (sangat layak digunakan), skor validasi ahli materi yaitu 95% (sangat layak digunakan), dan skor validasi praktisi yaitu 75% (layak digunakan). Hasil implementasi menunjukkan hasil pre test pada siswa yaitu 52% dan pada post test yaitu 95%. Berdasarkan hasil perhitungan melalui uji wilcoxon dengan n = 7 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh TTabel = 2, maka Hi dterima. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran “Panduan Menstruasi Sehat” sangat efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan merawat menstruasi siswa tunagrahita di SLB Negeri Pandaan Pasuruan.

Saran untuk diseminasi produk yaitu supaya dilakukan pada subjek yang lebih luas, baik peserta didik di sekolah khusus maupun di sekolah inklusi. Sehingga video pembelajaran dapat bermanfaat bagi banyak orang.