SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Merawat Luka Ringan Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang

Sari Gema Siem

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Gema Siam. 2019. Pengembangan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Merawat Luka Ringan Bagi Anak Tunagrahita di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn

Kata Kunci: Media Quiet Book, Keterampilan Merawat Luka Ringan, Tunagrahita

Tunagrahita atau hambatan inteletual merupakan anak yang memiliki kondisi meliputi terganggunya fungsi intelektual dan fungsi adaptif pada ranah konsep sosial dan praktik bina diri yang rendah. Hambatan tersebut menjadikan anak tunagrahita harus memiliki keterampilan bina diri khususnya menolong diri seperti merawat luka ringan agar dapat merawat diri secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDLB B-C Kepanjen Kabupaten Malang, diperoleh informasi bahwa siswa belum memahami merawat luka ringan serta belum adanya media yang dapat menunjang dan menarik untuk melatih keterampilan merawat luka ringan.

 Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menghasilkan produk berupa media quiet book yang efektif dan layak untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang memiliki sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini hanya mengadaptasi tujuh langkah. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran ABK, praktisi dan siswa tunagrahita kelas VI sebanyak 3 siswa dibagi menjadi individu 1 siswa dan kelompok 2 siswa.

Hasil pengembangan produk media quiet book diperoleh data sebagai berikut :

(1) validasi ahli media 95% (Valid),

(2) validasi ahli materi 75% (cukup valid),

(3) validasi ahli pembelajaran ABK 98% (valid),

(4) praktisi 86% (valid),

(5) uji coba individu dengan pretest 36% dan posttest 96% (uji coba kelompok rata-rata pretest 42% dan posttest 91%. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk media quiet book layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan merawat luka ringan bagi anak tunagrahita ringan.

Media Quiet book adalah media 3 dimensi berupa buku kain yang perpaduan bahan kain katun dan kain flanel, terdiri dari halam-halaman yang berisi bermacam-macam kegiatan merawat luka ringan seperti luka lecet, luka memar, luka sayat dan luka bakar. Selain itu terdapat perkenalan kotak P3K serta profesi pada bidang kesehatan juga kendaraan kesehatan.

Saran penggunaan untuk siswa adalah untuk menggunakan media quiet book untuk meningkatan pemahaman mengenai merawat luka ringan, untuk guru adalah untuk menyiapkan materi penjelasan awal dan menunjukkan peralatan P3K dengan benda konkrit sebelum menggunakan media quiet book.

ABSTRACT

Sari, Gema Siam. 2019. Development of Media Quiet Book to Improve Skills for Caring for Minor Injuries for Children with Mild Intellectual Disabilityin the SDLB BC Kepanjen Malang Regency . ThesisDepartment of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn

Kata Kunci: Media Quiet Book, Mild Wound Care Skills, Intellectual Disability

Impotence or intellectual barriers are children who have conditions including disruption of intellectual function and adaptive function in the realm of social concepts and low self-esteem practices. These obstacles make mentally retarded children must have self-development skills, especially self-help such as caring for minor injuries so that they can take care of themselves independently. Based on the results of observations conducted by researchers at the BC Kepanjen Elementary School in Malang Regency, information was obtained that students did not understand caring for minor wounds and the absence of media that could support and attract the skills to treat minor injuries.

The purpose of this study is to produce a product that is effective and feasible quiet book media to improve the skills of treating minor injuries for mild intellectual disability by adapting the development method of Borg and Gall which has ten stages, but in this study only adapted seven steps. The product trial subjects consisted of media experts, material experts, ABK learning experts, practitioners and class VI mild intellectual disability students as many as 3 students divided into 1 student and 2 students.

The result of the development of media products quiet book data obtained as follows:

(1) validation of media experts 95% (Valid),

(2) validation of subject matter experts 75% (quite valid),

(3) validation of learning experts ABK 98% (valid),

(4) 86% practitioners (valid),

(5) individual trials with pretest 36% and posttest 96 % (trial group average pretest 42% and posttest 91 % . The results of overall development can be concluded that media products quiet book is worth using to improve the skills of treating mild intellectual disability.

Quiet media book is a 3-dimensional media such as books that blend fabric cotton fabric and flannel, consisting of yard-page that contains an assortment of activities to care for minor injuries such as abrasions, bruises, cuts and burns. In addition there are introductions of first aid kits and professions in the health sector as well as health vehicles.

The use advice for students is to use quiet book media to improve understanding about treating minor wounds, for teachers to prepare preliminary explanatory material and show P3K equipment with concrete objects before using quiet book media .