SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pop Up Book Kisah Nabi Shaleh a.s untuk Pembelajaran Agama Islam Siswa Tunagrahita Kelas 6 di SLB PGRI Kawedanan

kumala hanifah khoiru

Abstrak


ABSTRAK

Kumala, HanifahKhoiru. 2019. Pengembangan Pop Up Book KisahNabiShaleha.suntukPembelajaran Agama Islam SiswaTunagrahita di SLB PGRI Kawedanan. Skripsi, JurusanPendidikanLuarBiasa, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. WiwikDwiHastuti, M.Pd; (2) EkaPramonoAdi, S.IP.,M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Tunagrahita, Pop Up, KisahNabi

Berdasarkanobservasi yang dilakukan di SLB PGRI Kawedanan, KabupatenMagetansiswaberkebutuhankhususkelas 6 tunagrahitaringanseringramai, mudahbosandidalamkelas, menggangguteman, bahkanlarikeluarkelassehinggahasilbelajarsiswadalammateri Agama Islam khususnyakisahnabikalamkategorikurang. Selainitu, media pembelajaran yang adakurangbervariatifsehinggakurangadapeningkatanhasilpembelajaran.

Tujuanpenelitianiniadalahmembuat media pembelajaran yang efektifdan valid sertadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. PenelitianinimenghasilkansebuahprodukberupaPop Up BookKisahNabiShaleha.sdanKaumTsamud yang ketikadibukamenghasilkangambarbergerakberbentuk 3 dimensi. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan yang dikembangkanoleh Borg and Gall. Langkah-langkahpenelitian yang digunakandiringkasmenjadi 7 langkahkarenamenyesuaikansituasidankondisi di lapangan. Langkah-langkahtersebutyaitu:

(1) penelitiandanpengumpulan data;

(2) perencanaan;

(3)pengembangandesainprodukawal;

(4)validasiproduk;

(5)merevisihasilujicoba;

(6)ujicobalapangan; dan

(7)penyempurnaanprodukakhir.Subyekujicobapengembanganiniadalahahli media, ahlimateri, ahlipembelajarandan 7 siswatunagrahitaringankelas 6. Teknikpengumpulan data yang digunakanyaituangketuntukvalidasidantes (pre tesdanpostes) sertanontes (pengamatan) untukujicoba.

HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPop Up BookKisahNabiShaleha.sdanKaumTsamudlayakdigunakanuntukpembelajaran Agama Islam di SLB PGRI Kawedanan. Skorvalidasiahli media 98% (sangat valid), skorvalidasiahlimateri96% (sangat valid), skorvalidasiahlipembelajaran 85% (cukup valid). Hasil rata-rata pre tespesertadidikadalah 42,86sedangkan rata-rata postesadalah 91,43. Skor rata ratapengamatansebelumemnggunakan media 59% sedangkasetelahmenggunakan media 78%.

Kesimpulanpenelitianpengembanganiniadalah “Pop Up BookKisahNabiShaleha.sdanKaumTsamud” valid atausangatlayakdanefektifuntukdigunakan di SLB PGRI Kawedanan. Saran bagi guru adalahketikaakanmenggunakanprodukinisupaamenyiapkanpenyangga, saran bagipesertadidiksupayabisamenerapkanteladankisahNabiShalehdalamkehidupansehari-hari, danuntuk SLB PGRI Kawedananprodukinidapatdigunakanuntuksiswabelajarsiswalainnyadenganpendampingan guru. Saran diseminasiyaitusupayaprodukinibisadisebarluaskankemasyarakatumumdengandigandakandanbisadikomersilkan