SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Berprestasi Mahasiswa Disabilitas dalam Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Negeri Malang

Suraji Suraji

Abstrak


RINGKASAN

Suraji. 2019. Motivasi Berprestasi Mahasiswa Disabilitas dalam Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Negeri Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi, M. Pd, M.Kes., (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd.

Kata Kunci:  motivasi berprestasi, mahasiswa disabilitas dan organisasi kemahasiswaan

Mahasiswa merupakan seorang agent of change untuk bangsa indonesia. Negara bisa berkembang, memiliki prestasi yang banyak, dan SDM yang cerdas itu semua tergantung pada mahasiswa bagaimana mereka menempa diri untuk bisa mengharumkan negara Indonesia. Peran pendidikan perguruan tinggi dalam menyiapkan calon sarjana adalah membekalinya dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Mahasiswa disabilitas dalam menyiapkan bekal untuk terjun di kalangan masyarakat luas mereka membutuhkan kemampuan soft skill, kemampuan ini mereka dapatkan salah satunya dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motivasi berprestasi mahasiswa disabilitas dalam mengikuti organisasi kemahasiswaan.

Penelitian ini dilakukan dengan kualitatif. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap wawancara dan pengisian lembar angket. Wawancara dilakukan peneliti untuk memperoleh data umum tentang pengetahuan organisasi kemahasiswaan dan pelengkap dari angket. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahu data mendalam dari mahasiswa disabilitas yang mengikuti organisasi kemahasiswaan, jumlah pernyataan angket sebanyak 32 pernyataan dan pertanyaan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang pada mahasiswa disabilitas. Responden merupakan mahasiswa aktif di organisasi kemahasiswaan dengan klasifikasi disabilitas yang berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa disabilitas memiliki tingkat motivasi yang tergolong tinggi dalam mengikuti organisasi kemahasiswaan. Motivasi yang mempengaruhi mahasiswa disabilitas aktif dalam organisasi kemahasiswaan merupakan motivasi ekstrinsik dari teman sejawat. Organisasi kemahasiswaan yang di ikuti oleh mahasiswa disabilitas tergolong sudah memiliki tingkat disability awareness yang cukup baik. Organisasi kemahasiswaan yang awareness merupakan organisasi yang menerima mahasiswa disabilitas apa adanya serta mencoba untuk menciptakan lingkungan yang ramah disabilitas.