SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kotak Kartu Dalam Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka 1 sampai 10 Pada Siswa Tunagrahita Kelas I di SDLB Kanigoro Kras Kediri

Awaldi basmallah

Abstrak


ABSTRAK

Awaldi, Basmallah. 2019. Pengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangAngka 1 sampai 10 Pada SiswaTunagrahita Kelas I di SDLB KanigoroKras Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan LuarBiasa, FakultasIlmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd (2) Drs.UsepKustiawan, M.Sn.

 

Kata kunci :TunagrahitaRingan, KemampuanMembilangAngka, Kotak Kartu

 

Matematikamerupakanhal yang sangat di butuhkan oleh seseorang, karenadalamkehidupanmatematikamerupakanpemecahpermasalahansehari-hari. kemampuanmembilangangka pada anaktunagrahitasangatrendah, sehingadalamkehidupansehari-harimemerlukanbantuan orang lain untukmemecahkanpermasalahanyasendiri. Berdasakananalisis yang di peroleh, penelititerdoronguntukmengembangkan media yang dapatmemudahkanpemahamantentangangka. Untukitupenelitimengambil media kartusebagaibahanpengembangankarenakartumerupakanalatperaga yang dapatmeresponanakaktifdalampembelajaran.

Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukberupa media kotakkartuuntukmembantu proses pembelajaranmembilangangka 1 sampai 10 pada siswatunagrahita SDLB KanigoroKras Kediri

Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianpengembangandengan model Brog& gall, dalampengembanganinimengambil 7 langkahsesuaikebutuhanpenelitiyaitu 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembanganproduk 4) validasiproduk 5) revisiproduk 6) uji cobalapangan 7) revisiprodukakhir. Subjek uji cobapenelitianiniterdiridariahli media, ahlimateri, ahlipembelajaran ABK dan 5 siswa SDLB KanigoroKras Kediri

Hasil pengembanganmenunjukanbahwa media kotakkartulayak dan efektif di terapkan pada siswatunagrahita SDLB KanigoroKras Kediri, denganperolehan data sebagaiberikut: validasiahli media 95%  (sangatlayak/sangat valid), validasiahlimateri 92,5% (sangatlayak/sangat valid) validasipembelajaran ABK 95% (sangatlayak/sangat valid), hasil rata-rata uji cobapre-test67,7 rata-rata  post-test90,5. Hasil pengembangan media kotakkartuinimenunjukanbahwaprodukkotakkartu yang di kembangkanterbuktilayak dan efektifdigunakandalammembilangangkasiswatunagrahita

Kesimpulan daripenelitianpengembanganiniadalah

 (1) berdasarkanhasil dan evaluasi para ahlimenunjukanbahwaprodukPengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangangka 1 sampai 10 Siswa Pada Tunagrahitakelas I Di SLB KanigoroKras Kediri dapatdikatakan media kotakkartumemilikikemenarikan dan kemudahandalampengunaanya,

 (2) berdasarkanhasilevaluasi uji produkPengembangan Media Kotak KartuDalamMeningkatkanKemampuanMembilangAngka 1sampai 10 Pada SiswaTunagrahita Kelas I Di SDLB kanigoroKras Kediri dinyatakan media kotakkartudapatmeningkatkankemampuanmembilangangka,

 (3) bagipenlitiselanjutnyadisarankandalampengembangselanjutnyauntukpemilihanmateri di sesuaikandengankebutuhan di dalamkelastersebut, dengantujuanuntukmempermudahpencapaiantujuanpembelajaran