SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Permainan Dadu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Kesal II SDLB Idayu II Pakis

Ningtyas Laily Fitria

Abstrak


ABSTRAK

Ningtyas, Laily Fitria. 2019. Pengaruh Permainan Dadu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Kesal II SDLB Idayu II Pakis. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmh Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Ir.Endro Whyuno, M.Si (II) Sopingi, S.Sos,M.Pd.

 

Kata kunci: Tunagrahita, Permainan Dadu Kata, Membaca Permulaan

Tunagrahita merupakan anak yang mengalami hambatan pada fisik maupun pada kecerdasannya. Anak tunagrahita mampu didik masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan. Mereka masih bisa diajarkan membaca, menulis, mengejak dan berhitung. Namun dalam pembelajarannya tidak disamakan dengan anak normal. Mereka perlu belajar dengan pembelajaran khusus agar mereka bisa menerima pelajaran dengan mudah.

Rumusan masalah penelitian ini adalah:

(1) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita mampu didik kelas II SDLB Idayu 2 Pakis sebelum diberikan permainan dadu?

(2) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita mampu didik kelas II SDLB Idayu 2 Pakis Malang setelah diberikan permainan dadu?

(3) Adakah pengaruh permainan dadu terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita mampu didik kelas II SDLB Idayu 2 Pakis?

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mengunakan model penelitian pre-experimental design satu kelompok dengan desain one group pretest-posttest design.  Pengumpulan data dilakukan dengan populasi dan sampel, variabel bebas dan terikat, instrumen penelitian, validasi, pengumpulan data, analisis data dengan menggunakan Uji Wilcoxon dengan data hasil pretest dan posttest, uji hipotesis.

Temuan peneliti dalam penelitian ini ialah terdapat pengaruh penggunaan permainan dadu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita mampu sisik kelas II SDLB Idayu 2 Pakis. Setelah dilakukannya treatment sebanyak 4 kali dengan menggunakan permainan dadu kata. Nilai post-test yang diambil setelah dilaukannya treatment mengalami kenaikan dibandingkan dengan nilai pre-test. Adapun hasil penelitian uji Wilcoxon menunjukkan bahwa permainan dadu kata berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas II SDLB Idayu 2 Pakis.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil nilai rata-rata pre-test yaitu 50 dan hasil nilai rata-rata post-test yaitu 78. Jadi terdapat pengaruh permainan dadu kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas II SDLB Idayu II Pakis. Saran:

(1) Bagi peneliti selanjutnya isarankan untuk dapat melanjutkan penelitian ini

(2) Bagi guru disarankan dalam pembelajaran untuk menerapkan permainan dadu kata

 

(3) Bagi sekolah disarankan untuk menyediakan media pembelajran dadu kata agar dapat menarik minat belajar peserta didik dengan terapkan dengan permainan dengan tujuan menunjang peserta didik agar lebih aktif dan tidak merasa bosan atau jenuh dalam belajar.