SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU STUDI MULTI SITUS DI SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA BATU

NURAINUDDIN DAFIQ

Abstrak


ABSTRAK

Nurainuddin, Dafiq. 2019. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SLB di Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sudarsini, M.Pd, (2) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd.

 

Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik Baru; SLB.

Anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan, sesuai dengan pasal 31 UUD 1945 yang berbunyi bahwa setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan. Di Kota Batu  terdapat 2 Sekolah Luar Biasa, yang sama-sama bertujuan untuk melayani siswa dengan berkebutuhan khusus.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peraturan penerimaan peserta didik baru, mendeskripsikan tahap-tahap penerimaan peserta didik baru, mendeskripsikan kegiatan asessmen di SLB.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan siswa baru di SLB di Kota Batu menggunakan sistem zonasi untuk menampung siswa yang dekat dengan sekolah, dengan syarat siswa yang sudah berusia sekolah. Siswa yang datang berasal dari hasil penjaringan oleh sekolah, dari informasi orang tua yang sudah menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut, dan dari siswa pindahan. Berkas-berkas yang perlu dipersiapkan adalah akte kelahiran dan kartu keluarga, untuk siswa pindahan yakni surat keterangan pindah, biodata siswa dan rapor. Setelah semua dipersiapkan diadakan proses asessmen, proses asessmen dilakukan di sekolah dengan tujuan menentukan pembelajaran untuk siswa. Untuk siswa dengan ketunaan berat diarahkan ke tempat yang bisa menangani siswa tersebut dengan baik atau ke tempat terapi untuk meringankan siswa tersebut. Saran bagi kepala sekolah untuk lebih baik lagi dalam mengolah sistem penerimaan peserta didik baru, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini, karena penelitian ini hanya bentuk kajian dasar.

Kesimpulan dari skripsi ini adalah penerimaan peserta didik baru di SLB di Kota Batu menggunakan sistem zonasi untuk memberikan kuota kepada siswa di sekitar sekolah,  anak yang bisa melakukan pendaftaran adalah anak yang sudah memasuki usia sekolah, berkas-berkas yang perlu dipersiapkan berupa akta kelahiran dan kartu keluarga. Proses assessmen berguna untuk menentukan pembelajaran yang tepat bagi anak.

 

ABSTRACT

Nurainuddin, Dafiq. 2018. New Student Admission System in Special Education School at Batu City. Undergraduate Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors:  (1) Dra. Sudarsini, M.Pd, (2) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd.

 

Keyword: New Student Admission, Special Education School.

Special need children have the same chance on acquiring education, according to 1945 constitution article 31 which say that every people deserve acquire education. At Batu City, there are 2 special education school with same aim to cater student with special need.

The aim from this research is to describe the rule of the new student admission, describe the step of new student admission, describe the asessmen activity in the school.

This research used qualitative method and used gathering data technique interview, observation, and documentation. Used data analyst including data reduction, data presentation, and taking conclusion.

The result of this research shows that new student admission in special education school at Batu City used zoning system to accommodate the students near the school, with requirements students who had gaining school age. The students come from screening by the school, from student parents who had already study in the school, and moving student from antoher school. The files which need to be prepare are birth certificate, family card, for the students from another school are reference letter, student data and report card. After all prepared the next step is asessmen, asessmen process did in school with aim to decide the learning style for the student. For student with heavy need are directed to the place that can handle or therapy place for reducing the heavy needs. Suggestion for the headmaster to be more better in manage the new student admission system, and for other researcher, hope can develop this research, because this research is only basic study.

The conclusion from this research are the new student admission in special need school at Batu City used zonasi for giving the quota for the students around the school, the students who has reach study age, can sign up in the school, and bring birth certificate and family card. Asessmen process use to determine the perfect study for the students.