SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Papan Balik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Autis

SOFWAN AHMAD

Abstrak


ABSTRAK

Sofwan,Ahmad.2019.Pengaruh Media Papan Balik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Autis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd, (2) dr. Agung Kurniawan, M. Kes.

 

Kata Kunci: papanbalik, kemampuan membaca permulaan, autis

Siswa autis adalah siswa yang mengalami hambatan dalam komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Dalam hal ini siswa autis mengalami kesulitan dalam membaca permulaan yang merupakan dasar bagi siswa untuk menguasai berbagai mata pelajaran, sehingga siswa harus belajar membaca dengan benar. Media papan balik merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu

(1) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang saat kondisi baseline,

(2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas 1 SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang sesudah diberikan intervensi, dan 

(3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media papan balik terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa autis kelas 1, berjenis kelamin laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal membaca permulaan, lembar penilaian, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh media papan balik terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas 1. Ditunjukkan dengan skor pada kondisi baseline 1 berkisar 40,5%-46%, kondisi intervensi berkisar antara  71,8%-82,3%, dan pada kondisi baseline 2 berkisar 64,8%-72,6%. Serta ditunjukkan dengan perhitungan overlape kondisi baseline 1 (A1) ke kondisi intervensi (B) yaitu sebesar 0%.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah media papan balik berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa autis kelas 1 di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Saran kepada guru untuk menggunakan papan balik dalam pembelajaran membaca permulaan yang relevan dengan kebutuhan siswa.