SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode SAS (StrukturalAnalitikSintetik)TerhadapKemampuanMembacaPermulaanSiswaTunagrahitaKelas IV Di SDLB Sumber Dharma Kota Malang

LAVIFAH BINTI ROHMATUL

Abstrak


Kata Kunci: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik),Membaca Permulaan, Siswa Tunagrahita

Membaca permulaan merupakan keterampilan dasar dalam pengenalan kata yang dijadikan sebagai dasar dalam tahap membaca lanjutan.Keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita dikaitkan dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan karakteristik siswa tunagrahita.Untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita yaitu dengan menerapkan metode SAS.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah menerapkan MetodeSAS (Struktural Analitik Sintetik)dan pengaruh Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk rancangan Single Subject Research (SSR)dengan desain A-B-A-B.Prosedur A-B-A-B meliputi pengumpulan data target behavior pada kondisi baseline-1(A1) hingga kondisi intervensi-2 (B2). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDLB Sumber Dharma Kota Malang dengan subjek yang berinisial S. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tessoal berupa membaca kalimat sederhana.Analisis data yang dilakukan berupa visual grafik dan dianalisis berdasarkan komponen-komponen setiap fase A-B-A-B.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa

1) mean padafasebaseline-1 (A1) sebesar 48%.

2) Mean fase intervensi-1 (B1) mengalamipeningkatansebesar 65%.

3) Meanfasebaseline-2 (A2) mengalamipenurunanmenjadi 58%.

4) Mean faseintervensi-2 (B2) meningkatmencapai 72%

5) Hasil data overlap fasebaseline-1 (A1) kefase intervensi-2 (B2) sebesar 0% yang berartiti dakter dapat tumpang tindih data intervensikefase baseline sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin kecil nilai persentase overlap maka semakin besar pengaruh intervensi yang terjadi pada subjek.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran membaca permulaan siswa tunagrahita kelas IV SDLB Sumber Dharma Kota Malang, sehingga saran kepada KepalaSekolah, guru, dan peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode SAS sebagai salah satu metode yang sesuai dalam meningkatkan membaca permulaan siswa dan metode SAS dapat digunakan dalam materi menulis permulaan.