SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Dengan Asosiasi Angka Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Tunagrahita DI SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang

RISKA HAKIKI LUBIS

Abstrak


Kata Kunci:Media Papan Flanel, Hasil Belajar Matematika, SiswaTunagrahita

Anak tunagrahita dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika memerlukan media pembelajaran yang mampu untuk  menstimulus perkembangan kognitif anak. Melalui media papan flanel  diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal angka karena anak akan suka dan senang dalam melakukan kegiatan menempel angka pada papan flanel.Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa

(1) Guru terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran

(2) Guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan

(3) Guru kurang dalam penyediaan media.

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan:

1) penerapan media papan flanel yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita kelas I SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang

2)Peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan papan flanel pada siswa tunagrahita kelas I SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian SSR (Single Subject Research).SSR (Single Subject Research)adalah penelitian yang menggunakan satu subjek sebagai subjek penelitian , penelitian SSR ini menggunakan desain A-B-A yang terdiri dari baseline-1(A1), Intervensi (B), baseline-2(A2). Penelitian SSR (Single Subject Research)ini dilakukan dalam 16 sesi tindakan.Baseline-1 (A1) terdiri dari 5 sesi, Intervensi (B) ada 6 sesi dan baseline-2 (A2)terdiri dari 5 sesi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa.

1) mean pada fase base line-1 (A1) sebesar 52%

2) Mean fase intervensi (B) mengalami peningkatan sebesar 86,7%

3) Mean fase baseline-2 (A2) mengalami penurunan menjadi 82%

4) Hasil data overlap fase baseline-1 (A1) kefase baseline-2 (A2) sebesar 0% yang berarti tidak terdapat tumpang tindih data intervensi kefase baseline sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin kecil nilai persentase overlap maka semakin besar pengaruh intervensi yang terjadi pada subjek

 

Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukandapatdisimpulkanbahwa media papan flanel memberikanpengaruhterhadap proses pembelajaran mengenal angka 1 sampai  10 siswatunagrahitakelas I SDLB BC Putra Harapan Kabupaten Malang, sehingga saran kepadaKepalaSekolah, guru, danpenelitiselanjutnyauntukmenggunakan media papan flanel  sebagaisalahsatu media  yang sesuaidalammeningkatkan materi mengenal angka 1 sampai 10.