SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa Tunagrahita Di SDLBN Kedungkandang Malang

SUYOTO ALIF RACHMANDA ARIYANTI

Abstrak


ABSTRAK

Suyoto, Alif Rachmanda Ariyanti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa Tunagrahita di SDLBN Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: I) Prof. Dr. H. Moh. Efendi, M.Pd., M.Kes and (II) Dr. Sulthoni, M.Pd

 

Kata Kunci: model pembelajaran make a match, operasi hitung penjumlahan bilangan bulat, siswa tunagrahita

Siswa tunagrahita mampu didik, berdampak pada salah satunya kemampuan mengoperasikan hitung penjumlahan bilangan bulat. Berdasarkan studi pendahuluan, siswa mengalami kesulitan dalam memahami makna angka, kurang adanya program individual saat proses pembelajaran, serta kurang adanya kreativitas dalam proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat siswa tunagrahita di SDLBN Kedungkandang Malang.

Pada penelitian ini, menggunakan desain penelitian Single Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A, dan menggunakan satuan ukur skor prsentase. Subjek penelitian ini ialah siswa tunagrahita kelas IV di SDLBN Kedungkandnag Malang pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data, menggunakan tes tulis dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi.

Berdasarkan hasil penelitian, mean level kemampuan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat siswa tunagrahita pada fase baseline (A1) sebesar 50.00, pada fase intervensi (B) sebesar 70.00, dan pada fase baseline (A2) sebesar 84.66. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan presentase overlap antara baseline (A1) dan fase intervensi (B) sebesar 0%. Hitungan tersebut menyatakan intervensi memiliki perngaruh terhadap peningkatan target behavior.

 

Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan model pembelajaran make a match pada siswa tunagrahita kelas IV memiliki pengaruh terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan bilangan bulat pada saat sebelum dan sesudah diberi intervensi berupa model pembelajaran make a match.