SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK ANAK TUNANETRA KELAS V DI SLB IDAYU O1 KOTA MALANG

Yulia Ningsih

Abstrak


PENGARUH TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI INTRINSIK ANAK TUNANETRA KELAS V DI SLB IDAYU 01 KOTA MALANG

 

Yulianingsih Sudarsini, M.Pd Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd UNIVERSITAS NEGERI MALANG, Jln Semarang 5

Email :Yulianingsih071997@gmail.com

 

ABSTRAK

Tunanetra adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan sensori sehingga berdampak pada proses pembelajarannya. Salah satu yang terpenting adalah motivasi belajarnya.Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan adanya pengubahan perilaku yang dapat meningkatkan motivasi belajarnya sehingga pembelajaran berlangsung secara maksimal. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi intrinsiknya adalah dengan menerapkan teknik token ekonomi. Teknik token ekonomi adalah salah satu teknik atau metode untuk mengubah perilaku yang tidak diinginkan menjadi perilaku yang diinginkan maupun pembentukan perilaku baru yang dilakukan dengan cara bertahap dan disertai penguatan secara berturut-turut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan subjek tunggal atau SSR(Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subyek penelitian  yang digunakan adalah 1 siswa tunanetra kelas V di SLB Idayu 01 Kota Malang. Jenis pengukuran variabel yang digunakan adalah persentase.Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari 44,99% kondisi baseline-1, dan 75,99% pada kondisi baseline-2. Perhitungan persentase overlap anatar kondisi baseline1 ke kondisi intervensi adalah 0%. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan tehnik token terhadap motivasi intrinsik anak tunanetra.