SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Toilet Training Anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang

Kirana Weny Yulia Candra

Abstrak


ABSTRAK

Kirana, Weny Yulia. 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Toilet Training Anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda, M. Pd (II) Sopingi, S.Sos, M. Pd

 

Kata Kunci: pola asuh orang tua, kemampuan toilet training, anak autis.

Autis adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada anak yang mengalami kondisi menutup diri. Gangguan ini mengakibatkan anak mengalami keterbatasan dari segi komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku yang menyebabkan keterbatasan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah kemampuan toilet training. Kemampuan Toilet training merupakan suatu proses melatih anak-anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Pola asuh orang tua dalam upaya  meningkatkan kemampuan toilet training anak autis sangat penting karena orang tua adalah pendidikan yang paling utama dan pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya hubunga pola asuh orang tua dengan kemampuan toilet training anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang dari jenjang SD hingga SMP yang berjumlah 34 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Terdapat dua instrumen yang digunakan, yakni skala pola asuh orang tua dan kemampuan toilet training. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasional.

Hasil analisis korelasional menunnjukkan bahwa terdapat nilai korelasi sebesar 0,814 yang berarti ada korelasi yang sangat kuat diantara variabel pola asuh orang tua dengan kemampuan toilet training anak autis. Maka, disimpulkan ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan kemampuan toilet training anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Saran dari penelitian ini orang tua hendaknya menerapkan pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan anak dalam upaya untuk memaksimalkan tumbuh kembang pada anak. Pola asuh yang baik dan sesuai akan meningkatkan sikap positif dalam mendidik anak putra dan putrinya agar mampu belajar dengan mandiri khususnya dalam hal toilet training sehingga kebersihan dan kelancara dalam belajar tetap terjaga.