SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MEDIA KUARTET VARIASI GERAK LOKOMOTOR PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV SDLB IDAYU 2 MALANG

Farah Fairuz Susanti

Abstrak


Farah Fairuz S. 2018. Pengaruh Media Kuartet Variasi Gerak Lokomotor Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa Tunagrahita Kelas IV SDLB IDAYU 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Sopingi, S.Sos, M.Pd

 

Kata kunci: Media, Kuartet, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Tunagrahita

Latar belakang dari penelitian ini berupa salah satu  media yang berguna dalam pembelajaran siswa dengan hambatan intelektual seperti tunagrahita yang membutuhkan pemahaman lebih dalam pembelajaran PENJASKES materi variasi gerak dasar lokomotor.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media  kuartet terhadap hasil belajar PENJASKES materi variasi gerak dasar lokomotor siswa tunagrahita kelas IV.

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain pra-eksperimen bentuk “One group pre-test post-test design”  yang menggunakan alat ukur berupa soal  pre test dan post tes.t 

Hasil belajar siswa terbukti mengalami peningkatan setelah diberikan media kuartet yaitu  rata-rata nilai pre test 52,0 naik menjadi 90,0  pada rata-rata niali post test. Dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxson dengan jumlah sampel 5 menunjukkan .

Jadi dapat disimpulkan bahwa media kuartet berpengaruh terhadap hasil belajar PENJASKES materi variasi gerak dasar lokomotor siswa tunagrahita kelas IV di SDLB IDAYU 2 Malang. Kartu kuartet adalah salah satu contoh media pembelajaran diharapkan pengajar dapat membuat berbagai macam media sederhana yang dapat mengkonkritkan konsep pada anak tunagrahita pada saat pembelajaran.