SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA SENAM BERBASIS AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN SISWA TUNANETRA DI SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG

RADIANSYAH MAYUDI

Abstrak


RINGKASAN

Radiansyah, Mayudi. 2019. Pengembangan Media Senam Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Kebugaran Siswa Tunanetra di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd. (2) Dr. Henry Praherdhiono, S. Si, M. Pd

Kata Kunci: Tunanetra, Senam Anak Berkebutuhan Khusus, Senam Tunanetra

Pendidikan jasmani sangatlah diperlukan bagi semua peserta didik tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus, salah satu kegiatan wajib disekolah adalah olahraga senam yang minimal dilakukan seminggu satu kali bagi semua peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDLB Negeri Kedungkandang pada saat kegiatan senam, permasalahan yang peneliti temukan adalah tidak diikut sertakanya siswa tunanetra dalam kegiatan senam bersama yang dilakukan di sekolah dan tunanetra juga tidak melakukan senam di tempat dan waktu tersendiri.

Penelitian ini peneliti lakukan untuk membuat media yang mampu mengajarkan Tunanetra untuk melakukan kegiatan senam secara mandiri dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli materi 1, ahli materi 2, ahli media dan peserta didik sebanyak 5 orang peserta didik kelas I, II, III, IV dan V di SDLB Negeri Kedungkandang.

Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut :

(1) Validasi ahli materi 1 91,6 % (sangat layak),

(2) Validasi ahli materi II 82,9 % (sangat layak),

(3) Validasi ahli media 98,6 % (sangat layak),

(4) Hasil rata-rata pre test 42 dan post test meningkat menjadi 80. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk Media Senam Berbasis Audio Untuk Tunanetra telah layak menjadi media pembelajaran untuk mengajarkan kegiatan olahraga senam.

Wujud media berupa audio dengan perintah yang merdu dan jelas di setiap gerakan senam, dilengkapi dengan musik yang menyenangkan agar siswa semakin bersemangat. Kelebihan dari media ini adalah mudah dioperasikan, bisa diputar dengan pemutar audio jenis apa saja, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Kekurangannya adalah terbatasnya gerakan yang bisa dilakukan karena kemampuan dari siswa yang masih minim dengan macam macam gerakan kombinasi.