SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Mock-Up Jam Sudut Dalam Pembelajaran matematika Materi Sudut Peserta Didik Tunarungu Kelas X di SMALB YPTB Kota Malang

MARIA LILIN ANDI

Abstrak


ABSTRAK

Maria, Lilin Andi. 2019. Pengembangan Media Mock-Up Jam Sudut Dalam Pembelajaran Matematika Materi Sudut Peserta Didik Tunarungu Kelas X di SMALB YPTB Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Sudarsini, M.Pd. (2) Dr. Asep Sunandar, S.Pd, M.AP

 

Kata Kunci: Tunarungu, Pembelajaran Matematika, Materi Sudut, Media Mock-Up Jam Sudut

Hasil observasi di kelas X SMALB YPTB Kota Malang yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, permasalahan yang muncul adalah kurangnya minat atau motivasi peserta didik yang disebabkan oleh tidak menariknya media pembelajaran yang digunakan di sekolah, peserta didik belum paham dengan tujuan media untuk pembelajaran, metode yang diterapkan pada saat pembelajaran adalah menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran dirasa kurang menarik oleh peserta didik serta kurang mudah untuk memahami materi yang bersifat abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media “Mock-Up Jam Sudut” bagi peserta didik tunarungu kelas X di SMALB YPTB Kota Malang dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli materi 1, ahli materi 2, dan ahli media serta peserta didik tunarungu kelas X berjumlah 5 orang sebagai subjek.

Desain produk berupa media mock-up berbasis visual yang terbuat dari kayu berbentuk jam dan buku panduan yang berisi tata cara penggunaan media serta materi sudut yang telah disesuaikan berdasarkan kurikulum dan kemampuan peserta didik kelas X di SMALB YPTB Kota Malang.

Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut:

(1) Validasi ahli materi 1 95% (sangat layak),

(2) Validasi ahli materi 2 100% (sangat layak),

(3) Validasi ahli media 98,3% (sangat layak). Hasil rata-rata pre-test 50,6 mengalami peningkatan pada hasil rata-rata post-test 89,6. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media Mock-Up Jam Sudut telah layak dijadikan sebagai media pembelajaran matematika materi sudut.

 

Saran bagi pengembang selanjutnya adalah mengkaji terlebih dahulu kebutuhan dan karakteristik peserta didik, kemampuan peserta didik, pemilihan materi, serta pemahaman materi sebelum disampaikan kepada peserta didik sehingga menghasilkan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Selain itu, pengembang selanjutnya juga dapat merubah atau menginovasi desain menjadi media yang lebih unik akan tetapi tetap dengan topik yang sama sehingga peserta didik dapat lebih tertarik dengan desain media yang berbeda.