SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Peserta Didik Autis Di Slb Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang

ULANDARY YURY

Abstrak


Ulandary, Yury. 2019. Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd, (II) Drs. H. Ahmad Samawi, M.Hum.

 

Kata Kunci:Menulis Permulaan, Autis, Finger Painting.

Autis memiliki hambatan dalam motorik halus sehingga mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Keterampilan menulis harus dikuasai oleh semua anak. Menulis harus dilakukan secara bertahap diantaranya adalah menulis permulaan. Oleh karena itu dilakukan pembelajaran yang dapat membantu anak dalam meningkatkan  keterampilan menulis permulaan.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis permulaan peserta didik autisdi SLB Autis Laboratorium UM sebelum diterapkan metode finger painting,  kemampuan menulis permulaan peserta didik autisdi SLB Autis Laboratorium UM setelah diterapkan metode finger painting dan pengaruh metode finger painting terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik autispeserta didik autis di SLB Autis Laboratorium UM.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. subjek penelitian ini yaitu Z peserta didik penyandang Autis kelas III di SLB Autis Laboratorium UM yang mengalami kesulitan dalam menulis. Variabel terikat dala penelitian ini adalah menulis permulaan, variabel bebas dalam penelitian ini adalah finger painting.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh finger painting terhadap kemampuan menulis permulaan. Keadaan ini ditunjukkan pada penilaian kemampuan menulis permulaan peserta didik autis pada kondisi baseline memperoleh hasil 75%, pada intervensi diperoleh hasil tertinggi 90% dan pada baseline-2 diperoleh hasil tertinggi 85% yang menunjukan peningkatan antara baseline-1 dan baseline-2.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah finger painting dilaksanakan dengan menggunakan cat sebagai dasar pengembangan bahan menulis memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan.