SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM PENGGUNAAN PEMBALUT MELALUI METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN BUKU BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS X SLB PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C LAWANG

Rokhmah Eni Roudlotur

Abstrak


ABSTRAK

Rokhmah, Eni Roudlotur. 2019. Peningkatan Kemampuan Pengembangan Diri Dalam Penggunaan Pembalut Melalui Metode Drill and Practice Berbantuan Buku Bergambar Pada Peserta Didik Tunagrahita Kelas X SMALB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang, Skripsi. Jurisan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si., (2) Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si

 

Kata Kunci : Metode Drill And Practice Berbantuan Buku Bergambar, Pengembangan Diri dalam Penggunaan Pembalut, Tunagrahita

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki tingkat kecerdasan kemampuan adaptif yang rendah dan berimplikasi pada rendahnya kemampuan pengembangan diri anak. Dalam pengembangan diri, siswa mengalami kesulitan karena guru hanya menggunakan metode ceramah serta tidak menggunakan media untuk membantu penyampaian materi. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan metode yang sesuai salah satunya adalah metode drill and practice yang terdiri dari langkah untuk melatih keterampilan secara berulang dan praktek secara langsung dan diperlukan media penunjang yakni dengan buku bergambar sebagai ilustrasi langkah-langkah pengembangan diri.

Tujuan penelitian ini adalah:

(1) Mendeskripsikan kemampuan penggunaan pembalut siswi tunagrahita saat fase baseline

(2) Mendeskripsikan kemampuan penggunaan pembalut siswi tunagrahita saat fase intervensi

(3) Mendeskripsikan apakah metode drill and practice berbantuan buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan penggunaan pembalut siswi tunagrahita.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) yang menggunakan model A-B-A-B dengan pengukuran dengan bentuk persentase. Subjek penelitian ini adalah siswi tunagrahita kelas X SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu observasi dalam bentuk task analisys. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual data grafik pada analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penggunaan pembalut pada kondisi baseline-1 (A1) masih rendah dengan rentang nilai 50%-56,8%, pada kondisi intervensi-1 (B1) cenderung lebih tinggi berkisar 79.5%-93.2%. sementara fase baseline-2 (A2) cenderung lebih rendah di awal sesi namun naik kembali dengan rentang 88.3%-93.9%, kemudian pada fase inytervensi-2(B2) cenderung naik dengan rentang skor 95.4%-97.7%. Metode drill and practice berbantuan buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan penggunaan pembalut dibuktikan dengan persentase overlape sebesar 0%.

 

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill and practice berbantuan buku bergambar dapat meningkatkan kemampuan penggunaan pembalut siswi kelas X. dengan demikian guru diharapkan dapat menggunakan drill and practice berbantuan buku bergambar pada pembelajaran pengembangan diri agar siswa dapat meningkatkan kemampuan pengembangan dirinya.