SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Global Pada Anak Autis Kelas I di SLB River Kids Kota Malang

Darussalam Rochmat

Abstrak


ABSTRAK

Darussalam, Rochmat. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Global Pada Anak Autis Kelas I di SLB River Kids Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd

 

Kata Kunci: Anak Autis, Kemampuan Menulis Permulaan, Metode Global

Penelitian dilaksanakan pada anak autis kelas I SDLB Riverkids Kota Malang, ditemukan adanya masalah kemampuan siswa dalam menulis. Hal tersebut disebabkan oleh yaitu

(1) rendahnya kemampuan menulis menulis permulaan anak menyebabkan anak masih menulis perhuruf dalam kalimat

(2) rendahnya kemampuan berbahasa anak menyebabkan kesulitan dalam menyalin tulisan secara utuh

(3) belum efektifnya metode yang digunakan guru untuk mengajarkan menulis permulaan. Maka peneliti berinisiatif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan melakukan penelitian Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metod Global pada Anak Autis Kelas 1 di SDLB Riverkids Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan

1) Mendiskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa autis dengan menggunakan metode global,

2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar menulis permulaan siswa autis dengan metode global. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa autis kelas I yang berjumlah 5. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukannya proses pembelajaran menggunakan metode global pada sikluas I dengan nilai rata-rata 60,00 dibawah ketuntasan belajar. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,00 diatas ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penerapan metode global dapat meningkatkan hasil belajar menulis permualaan siswa autis kelas 1 SDLB Riverkids Kota Malang. Dari keberhasilan peningkatan hasil belajar disarankan bagi guru dapat menerapkan metode global untuk meningkatkan hasil belajar menulis permulaan.

 

ABSTRACT

Darussalam, Rochmat. 2018. Increasing the Beginning Writing Ability Through Global Method for Autistic Children in the First Grade of SDLB Riverkids Malang City. Undergraduate Thesis, Special Education Departement, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd

 

Keyword : The Autis, Since Writing the Beginning, a Methode of Global

The research carried out in autistic children class 1 SDLB Riverkids in Malang City and found a problem students ability to write. This is caused by

(1) the low writing ability of the beginning of child causing the child to still write letter in the sentence

(2) The child low language ability causes difficulties in copying the witing its entirety

(3) the method that teacher ueses to teach writing is not yet effective. Then the researchers took the initiative to overcome these problems by conducting research Increasing the Beginning Writing Ability Through Global Method for Autistic Children in the First Grade of SDLB Riverkids Malang City. This research was conducted with the aim of

1) describing the learning in improving outcomes of writing the beginning of autistic students with the global method,

2) describing the improvement in the result of learning to write the beginning of autistic students with globla method This research is a classroom action research (CAR), which consists of planning, implementation, observation, and reflection. This study was conducted in two cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The subjects were 5 students with intellectual disability class I. The data collecting were observation, testing, and documentation. The data analysis was qualitative techniques. The result of this study indicate that after the learning process uses the global method in cycle I with an avarage score of 60.00 under study completeness. In cycle II with an avarage score of 81.00 above study learning completenes. Based on the result of research, the application of the global method can improve the learning outcomes of writing the beginning of the autism class 1 SDLB Riverkids Malang City. From the success of improving learning outcomes itis suggested that teacher can apply global method to improve learning utcomes.