SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendekatan Development Learning Sequence Terhadap Kemampuan Berhitung Operasi Bilangan Bulat Anak Diskalkulia Kelas VI di SD Alam Ar-Rohmah Malang

Haibah Azka Baqiyatul

Abstrak


ABSTRAK

Haibah, Azka Baqiyatul. 2018. Pengaruh Pendekatan Development Learning Sequence Terhadap Kemampuan Berhitung Operasi Bilangan Bulat Anak Diskalkulia Kelas VI di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd, (2) Dr. Sulthoni, M.Pd.

 

Kata kunci: Diskalkulia, Pendekatan Development Learning Sequence, Berhitung Operasi Bilangan Bulat.

Anak diskalkulia pada umumnya mengalami kesulitan pada kemampuan bahasa dan membaca yang berpengaruh dalam memahami simbol-simbol dalam matematika. Salah satu anak disakakulia di SD Alam Ar-Rohmah, mengalami ketidakmampuan dalam membedakan bilangan positif dan negatif dalam operasi bilangan bulat. Pendekatan development learning sequence merupakan pendekatan yang berdasarkan pada tahapan perkembangan anak dari konkret dengan menggunakan media nyata dan semi konkret dengan manipulasi gambar yang mampu menjembatani anak untuk berpikir abstrak.

Tujuan penelitian ini

(1) mendeskripsikan kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia sebelum menggunakan pendekatan development learning sequence,

(2) mendeskripsikan kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia sebelum menggunakan pendekatan development learning sequence,

(3) mengetahui pengaruh pendekatan development learning sequence terhadap kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia kela VI di SD Alam Ar-Rohmah. Metode penelitian dengan menggunakan Single Subject Research dengan desain A-B-A. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan persentase overlap sebesar 0% yang berarti bahwa intervensi berupa pendekatan developmnet learning sequence berpengaruh baik terhadap kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia kelas VI di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Selain itu, hasil analisis data menunjukkan kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia mengalami peningkatan dari kondisi baseline-1 ke kondisi baseline-2 dengan mean level 32,25% menjadi 67,4%.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan development learning sequence berpengaruh meningkatkan kemampuan berhitung operasi bilangan bulat anak diskalkulia kelas VI di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Saran yang dapat  diberikan adalah:

(1) Bagi Guru disarankan mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak diskalkulia dengan pendekatan development learning sequence.

 

(2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan pendekatan development learning sequence untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak diskalkuia serta mengembangkan pendekatan lain sesuai dengan karakteristik anak diskalkulia.