SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model MASTER Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Tunarungu

Firdaus Anahlifina

Abstrak


ABSTRAK

Firdaus, Anahlifina. 2018. Pengaruh Model Master Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi mahasiswa tuna rungu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Muhammad Efendi, M.Pd, M.Kes, (2) Drs. Abdul Huda, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Tunarungu, Model Master, motivasiberprestasi

Menciptakan suasana kelas yang penuh inspirasi bagi siswa, kreatif, dan antusias merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab seorang guru, hal itu membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. Salah satu model  pembelajaran yang dapat diterapkan guru  dalam pembelajaran di kelas adalah model pembelajaran Master. Model Pembelajaran Master merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang bersifat student centered. Problem yang terjadi adalah subjek berinisial W merasa minder dengan keberadaannya di kelas karena keterbatasan yang dialaminya sebagai seorang tunarungu, sebab subjek merasa hanya dirinyalah mahasiswa disabilitas yang ada di kelasnya.

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk meningkatkan motivas berprestasi subjek dalam kegiatan perkuliahan dan meyakinkan kepada subjek bahwa seorang dengan disabilitaspun masih bias berprestasi dan sukses seperti anak-anak pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk single subject research (SSR) dengan desain multiple baseline cross variable. Pengumpulan data dilakukan selama 2 fase yang terbagi dari fase baseline dan  fase intervention. Data yang terkumpul kemudian akan dianalisis dengan menggunakan analisis visual grafik dengan komponen yang ada yaitu mean, level, trend dan latency. Adapun single subject yang diteliti ialah mahasiswa tunarungu di Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang.

Hasil analisis data menunjukan, bahwa peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa tunarungu pada kondisi baseline pertama (A1) rendah, karena kecenderungan arah grafik menurun dengan mean level sebesar 50%, peningkatan motivasi mahasiswa tunarungu pada kondisi intervensi (B) meningkat karena kecenderungan arah grafik meningkat mean level meningkat menjadi 67%, penginkatan motivasi mahasiswa tunarungu pada kondisi baseline kedua (A2) stabil karena kecenderungan arah grafik mendatar dengan mean level 83%, model MASTER berpengaruh terhadap peningkatan motivasi berprestasi mahasiswa tunarungu dengan data persentase data overlap sebesar 20%.