SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Tunarungu Kelas VII Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang.

risma laurentia putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Laurentia, Risma. 2017. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Tunarungu Kelas VII Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang. Skripsi S1 PLB, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Efendi, M.Pd, M.Kes, (2) Dr. Sihkabuden, M.Pd

 

Kata Kunci: Tunarungu, kemampuan memahami isi bacaan, sosiodrama

            Ketidakberfungsian organ pendengaran pada tunarungu mengakibatkan terhambatnya perkembangan bahasa dan bicara sehingga pada anak tunarungu mengalami hambatan dalam memperoleh informasi. Anak tunarungu diberi informasi dengan pengajaran khusus agar anak dapat mamahami konsep yang dimaksud dengan benar. Siswa tunarungu sangat memerlukan bimbingan dalam upaya menanamkan pembelajaran yang baik, efektif, dan menarik. Sehubungan dengan hal tersebut, siswa tunarungu perlu dibekali pengajaran memahami suatu isi bacaan. Tujuan pengajarannya adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan memahami isi bacaan sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa metode sosiodrama  pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Eksperimen dengan desain One Group Pre Test-Post Test. Dimana penelitian ini hanya terdapat satu kelompok saja tanpa adanya kelompok kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata pada tahap pre test sebesar 42,5, sedangkan perolehan rata-rata pada tahap post test meningkat sebesar 79,5 setelah dilakukan intervensi. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan adanya pengaruh penggunaan metode sosiodrama sebagai bentuk intervensi terhadap kemampuan memahami isi bacaan. Adapun saran bagi Guru dalam penelitian ini adalah Guru dapat menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.