SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Perawatan Gigi Pada Mata Pelajaran Bina Diri Bagi Siswa SDLB Kelas II C Di SLB Negeri Kota Batu

Rio Yudha Anggoro

Abstrak


ABSTRACT

Anggoro, Rio Yudha. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Perawatan Gigi Pada Mata Pelajaran Bina Diri Bagi Siswa SDLB Kelas II C Di SLB Negeri Kota Batu. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd, (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes.

Kata Kunci : Pengembangan, Perawatan Gigi, Animasi, Video Pembelajaran

Penelitian ini dilaksanakan di SLB Negeri Kota Batu pada mata pelajaran Bina Diri dengan materi perawatan gigi. Penggunaan media text book pada pembelajaran Bina Diri dinilai kurang tepat, karena media text book hanya mampu menyampaikan materi secara abstrak. Kelebihan video sebagai media pembelajaran diantaranya yaitu mampu memvisualisasikan dan mengaudiokan isi materi secara jelas kepada peserta didik. Maka dari itu, tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa video pembelajaran yang tervalidasi dalam kategori layak atau valid sebagai bentuk inovasi agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif.

Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Sadiman (2012) sebagai dasar pengembangan media video pembelajaran. Terdapat sepuluh tahapan pengembangan sebagai berikut : (1) identifikasikebutuhan, (2) analisis tujuan pembelajaran, (3) pengembangan materi pembelajaran, (4) mengembangkan alat evaluasi, (5) penulisannaskah media, (6) produksi, (7) menyusun petunjuk pemanfaatan, (8) validasi, (9) uji coba lapangan, (10) revisi.

Pengembangan video pembelajaran berbasis animasi ini dinyatakan valid atau layak berdasarkan hasil analisis sebagai berikut: validasi ahli media 90%, validasi ahli materi 93,3%,uji coba perseorangan 88,3%, uji coba kelompok kecil 90,8%, uji coba klasikal 84,2%, sedangkan pada tes hasil belajar menunjukkan bahwa video ini efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan 7dari 7 siswa atau 100% yang telah mencapai KKM.

Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media video pembelajaran berbasis animasi yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bina Diri dengan materi perawatan gigi di SLB Negeri Kota Batu. Saran yang diajukan kepada SLB Negeri Kota Batu, video pembelajaran berbasis animasi ini hendaknya dapat dijadikan inovasi dalam proses pembelajaran didalam kelas.