SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Media HurufBergambarTerhadapKemampuanMenulisPermulaanBagiSiswaTunagrahitaRinganKelasI SDLB BCKepanjenKabupaten Malang.

riskaayu setyawardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang, diketahui bahwa kemampuan menulis permulaan siswa tuna grahitaringan kelas I masih kurang. Pada kagiatan menulis siswa diketahui ada beberapa yang belumbisamenulis, siswahanyamerobekbukuketikadiberibukuataulembarkerja, dansiswacenderungpasif.Selainitu guru juga belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa tidak memiliki ketertarikan dalam belajar siswa. Siswa hanya menyalin tulisan dari papan tulis tanpa adanya media.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tuna grahitaringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sebelum diberikannya perlakuan, (2) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahitaringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sesudah penggunaan media huruf bergambar, (3) untuk mengetahui efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahitaringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimenden gandesain One Group Times Series Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahitaringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 5 siswa.Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument testulis.sebelum menggunakan media huruf bergambar diketahui nilai rata-rata pretest siswa 39. Sesudah menggunakan media huruf bergambar diketahui nilai rata-rata posttest siswamengalami peningkatan menjadi 72,75. Dari hasil analisis ujihipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,01. Nilai sig 2 tailed 0,01< 0,05 makahal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahitaringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Saran pada penelitian ini ditunjukkan kepada: (1) Kepala sekolah, diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk pengembangan pembelajaran di sekolah, (2) Guru, diharapkan dapat menerapkan media huruf bergambar dalam pembelajaran menulis permulaan , (3) Peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan media huruf bergambar pada subjek penelitian dengan hambatan dan karakteristik yang berbeda.