SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Permainan Puzzle Book Terhadap Kemampuan Mengenal Bangun Datar Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang.

Aisyah . Apriliasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Apriliasari, Aisyah, 2017. Pengaruh Media Permainan Puzzle Book Terhadap Kemampuan Mengenal Bangun Datar Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa. Fakurtas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd (2) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum.

 

Kata kunci : Permainan Puzzle Book, Tunagrahita Ringan, Kemampuan Mengenal Bangun Datar

 

Anak tunagrahita kelas 3 SDLB  Sumber Dharma Malang dalam kegiatan pembelajaran matematika bangun datar diketahui  bahwa siswa kurang memahami bentuk dari bangun datar (lingkaran, persergi, segitiga, dan jajargenjang) dan siswa sering merasa bosan. Untuk mengatasi permasalah tersebut peneliti memanfaatkan media permainan puzzle book.  Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan  pengaruh pemainan puzzle book terhadap kemampuan mengenal bangun datar anak Tunagrahita Ringan kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen “One Group Pretest-Posttest Design” dengan sampel sebanyak 5 peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 SDLB Sumber Dharma Malang yang bertujuan untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi.

Hasil penelitian menunjukan kemampuan mengenal bangun datar sebelum diberikan  permainan puzzle book memperoleh  nilai ≤ 25 atau dkategori gagal ada 1 siswa dan yang memperoleh nilai 26-50 atau kategori kurang ada 4 siswa. Nilai tertinggi pretest adalah 50, dan nilai terendah pretest adalah 22,2 sedangkan rata-rata yang diperoleh dari nilai pretest ke 5 siswa tunagrahita ringan adalah 35. Setelah diberikannya perlakuan  permainan puzzle book  siswa memperoleh nilai 51-75 ada 2 siswa dan yang memperoleh nilai 76-100 ada 3 siswa, sedangkan rata-rata hasil posttest 88. Dilihat dari rata-rata hasil pretest yaitu 35 ke rata-rata hasil posttest 88 dapat dikatakan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle book berpengaruh kepada kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan kelas 3 SDLB Sumber Dharma Malang.

Saran dalam penelitian dari penelitian ini untuk kepala sekolah diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan media pembelajaran di sekolah. Bagi guru diharapkan untuk menindak lanjuti pemanfaatan media puzzle book untuk menunjang pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan. Bagi penelti selanjutnya disarankan dalam  pembelajaran matematika materi  mengenal bangun datar menggunakan media permainan  Puzzle Book dapat digunakan sebagai referensi peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian tentang mengenal bangun datar  terutama bagi peserta didik tunagrahita ringan.