SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN POP-UP ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1 – 10 PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS II SDLB PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C LAWANG

Nurita Kusuma Wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardani, Nurita, Kusuma. 2016. Pengaruh Media Pop-Up Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan 1 – 10 Pada Anak Tunagrahita Kelas II SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Skripsi S1 PLB, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd (II) Dr.Sulthoni, M.Pd.

 

Kata Kunci : Pop-up angka, Bilangan, Tunagrahita

 

Tunagrahita merupakan kondisi yang mengacu pada fungsi intelektual yang berada di bawah rata-rata normal. Kondisi tersebut mengakibatkan siswa tunagrahita mengalami masalah dalam menerima informasi, kurangnya konsentrasi sehingga, mengalami kesulitan dalam belajar khususnya dalam aspek akademik termasuk dalam mengenal bilangan. Berdasarkan studi kasus yang dilakukan pada siswa tunagrahita kelas II di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang dalam pembelajaran matematika menunjukan adanya kesulitan dalam mengingat bilangan. sebagian besar siswa dapat menyebutkan bilangan 1 – 10 tetapi siswa belum memahami konsep dari bilangan tersebut.

            Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang ada atau tidaknya pengaruh media pop-up angka terhadap kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 pada siswa tunagrahita kelas II SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang.

Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian pre-eksperimen menggunakan desain One group pretest-posttest design. Hasil nilai pre-test kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 siswa sebelum diberikan treatment media pop-up angka berada dalam kategori rendah yaitu berada pada rentang nilai 40-55, sedangkan rata-rata nilai pre-test siswa adalah 45. Hasil nilai post-test kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 setelah diberikan treatment berupa media pop-up angka yakni terdapat 1 siswa berada pada rentang nilai 56-65 dengan kategori cukup baik, sedangkan pada rentang nilai 66-79 terdapat 1 siswa dengan kategori tinggi, dan 2 siswa berada dalam rentang nilai 80-100 berada pada kategori tinggi sekali. Sedangkan nilai rata yang diperoleh pada post-test adalah 75. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk menguji pengamatan berpasangan, hasil perhitungan adalah Thitung = > Ttabel (5%, n-1) = 3,182 dan nilai sig = 14,706>3,182, maka Ho ditolak.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pop-up angka berpengaruh terhadap kemampuan mengenal  bilangan 1 – 10 pada anak tunagrahita kelas II SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan media dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.