SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif Pada Siswa Tunarungu Kelas VIII Di SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk

Rizki Kholifaturrohma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kholifaturrohma, Rizki. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif Pada Siswa Tunarungu Kelas VIII Di SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Skripsi S1 PLB, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd, (2) Pramono, S.Pd, M.Or

 

Kata Kunci: Tunarungu, kemampuan menyusun kalimat efektif, media ular tangga

 

Siswa tunarungu memiliki hambatan dalam berkomunikasi, sehingga dalam berkomunikasi mereka hanya menggunakan kemampuan berbahasa yang sangat terbatas. Dalam berkomunikasi anak tunarungu seringkali mengucapkan kalimat yang tidak efektif dengan kalimat yang terbalik, sehingga orang lain sulit untuk memahami kalimat anak tunarungu, salah satu contoh kalimat yang diucapkan anak tunarungu "ambilkan tolong kakak itu buku"  maksud dari ucapan anak tunarungu tersebut adalah "tolong kakak ambilkan buku itu". Dengan adannya contoh kalimat yang telah diucapkan oleh anak tunarungu tersebut menunjukkan bahwa pada siswa kelas VIII SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk kemampuan berbahasa siswa tunarungu masih belum maksimal, kalimat yang diucapkan tidak terstruktur dengan benar.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media ular tangga kata terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunarungu kelas VIII SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen dengan desain One Group Pre Test-Post Test. Dimana penelitian ini hanya terdapat satu kelompok kontrol saja tanpa adannya kelompok pembanding.

Hasil penelitian menunjukan kemampuan menyusun kalimat efektif pada siswa Tunarungu kelas VIII di SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk sebelum diberikan treatment (Pre Test) yakni semua siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 46. Setelah diberikannya treatment sebanyak tujuh kali kemampuan siswa tunarungu kembali di uji dengan adannya Post Test, hasil Post Test siswa tunarungu dapat diketahui sebanyak 40% siswa berada pada kategori baik, sedangkan sebanyak 60% siswa berada pada kategori sangat baik. Nilai rata-rata siswa pada hasil post test dalam kemampuan menyusun kalimat efektif pada siswa tunarungu kelas VIII SMPLB Shanti Kosala Mastrip Nganjuk menggunakan media ular tangga magnet adalahh 76 dan berada pada kategori baik. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa adannya pengaruh penggunaan media ular tangga kata terhadap kemampuan menyusun kalimat efektif pada siswa tunarungu kelas VIII di SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. Saran pad penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan media ular tangga kata dalam peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif pada siswa tunarungu.