SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Kamus Bahasa Indonesia Bergambar Terhadap Pemahaman Kosakata Siswa Tunarungu Di SDLB BC Kepanjen

Putri Buchika Widamelia

Abstrak


ABSTRAK

 

 

BuchikaWidamelia, Putri. 2017. Pengaruh Media Kamus Bahasa Indonesia Bergambar Terhadap Pemahaman Kosakata Siswa Tunarungu di SDLB BC Kepanjen.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd. (II) Dr. Hendry Praherdhiono, S.Si, M.Pd

 

Kata Kunci: Kamus Bahasa Indonesia bergambar, Pemahaman Kosakata, Tunarungu.

 

Kehilangan pendengaran adalah kendala yang dialami anak tunarungu terutama dalam berkomunikasi.Hambatan komunikasi pada anak tunarungu antaralain kurangnya pemahaman kosakata, sulit mengartikan ungkapan berkiasan dan sulit mengartikan kata-kata abstrak. Hal ini mengakibatkan sedikitnya pemahaman kosakata anak tunarungu. Berdasarkan kendala diatas, anak tunarungu membutuhkan media yang tepat. Peneliti menggunakan media yang berfokus kepada indra penglihatan dalam memperoleh informasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media kamus Bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata anak tunarungu di SDLB BC Kepanjen.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs (nondesigns). Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes tulis. Terdapat dua jenis data yaitu hasil pre test (sebelum diberikan perlakuan) dan post test (setelah diberikan perlakuan). Penelitian ini dilaksanakan di SDLB-BC Kepanjen, dengan subjek yang dipilih adalah siswa kelas VI yang berjumlah enam orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil analisis data diketahui nilai rata-rata siswa pada pre-test ialah 56,1 dan rata-rata post-test ialah 91,6 Adapun hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh nilai = 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon α = 0,05 dan n = 6 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon dan diperoleh = 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa  diterima dan  ditolak,  sebabThitung (0)Ttabel (2).Maka bisa dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media Bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata anak tunarungu.

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diajukan bagi sekolah dan guru, media pembelajaran kamus Bahasa Indonesia bergambardapat dijadikan alternatif media dalam pembelajaran bahasa indonesia sehingga mampu menambah kosakata siswa. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya media ini dapat dijadikan referensi dan pertimbangan untuk penelitian dengan bidang studi yang lain.