SKRIPSI Jurusan Pendidikan Luar Biasa - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Materi Tata Surya Siswa Tunarungu Kelas VIII SLB BC Kepanjen

Rochman Ardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Ardiansyah Rochman. 2017.Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Peningkatan Kemampuan Menjelaskan Materi Tata Surya Bagi Siswa Tunarungu Kelas VIII SLB BC Kepanjen.. Skripsi, JurusanPendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dr Mochammad Effendi, M.Pd,M.Kes (II) Dr. Sulthoni, M.Pd

 

Kata Kunci: Virtual Reality, Materi Tata Surya , Tunarungu.

 

Kemampuan anak tunarungu dalam berfantasi dibawah rata-rata anak pada umumnya. Akibat dari hal ini pemahaman anak tunarungu dalam materi yang bersifat abstrak masih kurang. Diantara materi tersebut adalah materi tentang tata surya. Berdasarkan permasalahan ini peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh penggunaan media virtual reality terhadap pemahaman siswa tunarungu pada materi tata surya. Pemilihan media ini disebabkan karena tunarungu menggunakan indra penglihatannya untuk memperoleh informasi disekitarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tunarungu SMPLB BC Kepanjen terhadap materi tata surya sebelum dan sesudah penggunaan media virtual realitydan untuk mengetahui pengaruh media virtual reality terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi tata surya.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain one group pretest posttest design. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes tulis. Terdapat dua jenis data yaitu hasil pretest (sebelum diberikan perlakuan) dan post test (setelah diberikan perlakuan). Penelitian ini dilaksanakan di SMPLB BC  Kepanjen, dengan subjek yang dipilih adalah siswa kelas VIII yang berjumlah lima orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil analisis data diketahui nilai Thitung = 0 nilai kritis untuk uji Wilcoxon adalah a = 0,05 dan n = 5 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon diperoleh   Ttabel =1Berdasarkan kriteria tersebut maka Hi diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media virtual reality berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman materi tata surya siswa kelas VIII SMPLB BC Kepanjen.

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diajukan bagi sekolah dan guru media pembelajaranvirtual reality dapat dijadikan alternatif media dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan dalam sebuah penelitian dan dapat diterapkan pada bidang studi lain, serta dapat lebih mengembangkan materi yang disampaikan.